Menghilangkan Baris Tidak Terpakai (Unused Rows) pada Ms. Excel 2007

|

Pada saat kita bekerja dengan menggunakan Ms.Excel, mungkin kita pernah mempunyai suatu data yang banyak di lembaran kerja Excel kita sehingga memakan banyak baris. Kemudian dengan suatu alasan kita membuang beberapa data kita tersebut sehingga baris yang kita gunakan untuk menampung data itu tidak sebanyak sebelumnya.

Biasanya, Excel akan masih menyimpan baris yang kita "pernah gunakan" tersebut. Sebagai ilustrasi mungkin anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Terlihat bahwa data sudah mencapai posisi paling bawah, sedangkan scroll bar yang di sebelah kanan belum mencapai posisi akhir (paling bawah). Hal seperti ini sebenarnya tidak menjadi masalah besar, karena ukuran file excel biasanya tidak terlalu dipengaruhi hal tersebut. Namun mungkin akan sedikit menggangu kita saat kita ingin loncat ke data kita yang paling bawah menggunakan scrool bar, karena begitu kita gunakan scroll bar kita ke posisi paling bawah mentok, ternyata data paling akhir kita berada jauh di atas sehingga kita harus menaikkan scroll bar kembali dengan pelan-pelan agar posisi data yang kita cari tidak terlewat.

Hal ini biasanya disebabkan karena file kita tersebut masih mengandung baris yang sudah tidak terpakai ( unused row ). Untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan cara menghilangkan unused row / baris yang tidak terpakai tersebut.

Caranya bisa menggunakan cara berikut ini (saya coba di Ms.Excel 2007, untuk versi lainnya belum tahu apakah bisa berhasil atau tidak).

1. Select / pilih baris awal dari unused row yang akan kita hilangkan.


2. Tekan tombol "Ctrl + Shift + Panah kebawah ".
3. Klik kanan di area yang kita tandai pada langkah ke-2. Pilih menu "Clear Contens"



4. Klik kanan kembali, dan pilih menu "Delete".


5. Selanjutnya simpan file excel anda. Anda bisa menekan tombol "Ctrl + S".
6. Selesai.

Selanjutnya jika anda arahkan scroll bar di sebelah kanan ke posisi paling bawah, maka data pada baris paling akhirlah yang akan muncul.


Selamat mencoba.

Comments :

Gaptek said...

MAkasih banyak infonya.
Terus kalau untuk menghapus table, pada saat membuat kalimat panjang dalam row bagaimana ya :)


Salam kenal

Anonymous said...

Keren masbroooo

Post a Comment

Tolong jangan diisi dengan spam ya....