Zekr – Alqur’an Digital untuk Komputer Anda

Bagi anda yang menginginkan agar di dalam komputernya terdapat Al-qur’an, kini tidak akan kesulitan lagi. Saat ini telah ada program Zekr. Program ini sendiri bersifat Open Source, sehingga anda bebas untuk menginstall-nya.

Zekr sendiri awal mulanya tersedia untuk OS Linux, meskipun pada perkembangannya tersedia juga untuk berjalan pada platform Windows dan Machintos.
Berbagai kelengkapan yang dimiliki oleh program ini terhitung sangat lengkap. Selain tentu saja bacaan Al-qurannya, Zekr juga memiliki fasilitas terjemahan ke dalam berbagai bahasa.

Bahasa-bahasa yang sudah tersedia sebagai terjemahan diantaranya adalah :
Arabic, Bosnian, Dutch, English, French, German, Hebrew, Indonesian, Kurdish, Malay, Persian, Pashto, Russian, Spanish, Tatar, Tatar (Turkish transliteration), Turkish, Urdu, dan Uzbek .

Fasilitas lainnya yang dimiliki oleh program Zekr adalah recitation, dimana anda dapat mendengarkan tilawah Al-qur’an yang dibacakan oleh imam-imam mesjid yang sudah terkenal. Recitation yang tersedia sendiri sampai saat ini sudah tersedia bacaan tilawah dari :
Al-Minshawi, Al-Ghamdi, Al-Huzaifi, Al-Shatri, Al-Afasy, Al-Shuraim, Ayyub, Al-Ajmy, Abdulbasit Abdussamad, Al-Husary, dan Abdullah Basfar.

Zekr juga dilengkapi fasilitas pencarian kata yang akan sangat memudahkan anda dalam mencari ayat yang sesuai dengan topik yang anda inginkan.

Untuk menginstallnya, untuk anda pengguna Windows, anda dapat men-download program tersebut di sini.
Bagi para pengguna Mac OS, anda dapat mendownload programnya di sini.
Sedangkan untuk pengguna Linux, anda dapat mendownload program Zekr yang sesuai dengan distro Linux yang anda gunakan di sini.

catatan : untuk install program Zekr di Ubuntu, Insya Alloh akan saya bahas lagi di lain waktu.
update : Bisa dibaca di artikel Mengintal Zekr dengan Recitation di Ubuntu 8.04 Hardy Heron

http://www.ocidbrass.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *