Virtuemart, Wp e-commerce, atau OsCommerce ?

Program apa sih yang sebaiknya saya pakai jika saya hendak membuat toko online ? Pertanyaan itulah yang biasanya pertama kali muncul bagi mereka saja yang bermaksud untuk mencoba menjual barang melalui toko online. Tak dapat dipungkiri, kemajuan pemahaman orang mengenai internet salah satunya adalah membuka peluang dalam mengembangkan bisnis dagang melalui internet. Banyak hal yang menjadikan orang berpaling untuk membangun toko secara online alih-alih membangun toko offline. Biaya yang tidak semahal jika kita mendirikan toko ofline tentunya adalah salah satu alasan orang untuk membangun toko online, disamping keluasan jaringan pemasaran yang tidak lagi dibatasi oleh jarak dan waktu. Selanjutnya adalah kembali ke pertanyaan awal, program apakah yang sebaiknya saya gunakan jika saya bermaksud membangun toko online ?

Tak mudah memang menjawab pertanyaan tersebut. Hal tersebut sangat bergantung kepada masing-masing pengguna karena semua kembali ke kebiasaan yang mereka bisa lakukan serta apa yang mereka inginkan terhadap toko online tersebut. Bagi yang terbiasa menggunakan WordPress, mereka mungkin akan mengatakan plugin wp e-commerce lah yang terbaik. Ada juga orang lain yang mengatakan oscommerce lah yang terbaik. Sulit memang. Karena jawaban ini cenderung subjective. Tapi juga bukan berarti tidak bisa dibandingkan.
Artikel ini tidak bermaksud untuk menunjukkan yang mana yang lebih baik dari yang lain. Tidak juga melakukan perbandingan yang professional terhadap produk-produk program e-commerce yang ada. Artikel ini hanyalah memberikan suatu sudut pandang yang lain mengenai program e-commerce dari seorang pemula yang mencoba-coba untuk membangun toko online. Yah… sekedar menambah wawasan mungkin.

Secara garis besar, program e-commerce dibagi menjadi dua kelompok besar. Kelompok pertama adalah program yang sedari awal memang dibuat khusus untuk menjawab kebutuhan mengenai toko online. Ada banyak sekali program e-commerce yang masuk dalam kelompok ini. Yang paling terkenal adalah oscommerce. Selain itu juga ada zenchart, prestashop, magento, dan masih banyak lagi program-program lainnya. Sedangkan kelompok kedua adalah program e-commerce yang merupakan tambahan bagi program lainnya. Yang paling terkenal dari kelompok kedua ini ada yaitu Virtuemart yang merupakan component dari Joomla, dan Wp e-commerce yang merupakan plugin bagi WordPress. Yang asik adalah, hampir kesemua program tersebut bersifat Open Source yang bisa kita gunakan secara gratis.

Ada kelebihan dan kekurangan dari kelompok pertama dan kedua. Kelompok pertama, karena memang dipersiapkan dari awal untuk memenuhi kebutuhan e-commerce biasanya memang sudah kaya akan feature yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu e-commerce. Tapi hal ini bukan berarti bahwa program yang di kelompok kedua juga kurang dalam hal feature. Meskipun dibuat hanya sebagai componen tambahan bagi Joomla, Virtuemart ternyata juga dilengkapi feature-feature kebutuhan toko online yang tidak kalah lengkap dari program di kelompok pertama semisal oscommerce. Bahkan feature yang dimiliki induknya (dalam hal ini Joomla) mungkin malah menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh program e-commerce di kelompok pertama. Kekurangan yang terlihat jelas dari program di kelompok kedua adalah kebutuhan akan memory yang lebih besar. Hal ini sangat bisa dimaklumi, karena untuk dapat memanfaatkan Virtuemart atau WP e-commerce, kita harus terlebih dahulu menginstall Joomla atau WordPress terlebih dahulu.

Tulisan ini masih berupa pendahuluan. Insya Alloh kedepan akan saya coba untuk membahas lebih lanjut mengenai program e-commerce ini.

http://www.ocidbrass.com

4 Responses to Virtuemart, Wp e-commerce, atau OsCommerce ?

  1. Anton says:

    saya tunggu pembahasan selanjutnya..
    kalo ad kasih tau ya

  2. ocid says:

    makasih om Anton dah mampir…. saya masih nyiapin bahannya dulu nih… maklum nulisnya sambil nyambi sih.

  3. Mau coba 1 dulu deh yg familiar 🙂

    Semuanya, saya minta bantuan dong, saya downloadoluggin wp-e-commerse 3.7.4 tapi gagal terus.

    Kalo masih ada yg punya file masternya, tolong kirim ke welyh2@gmail.com

    thanx sebelumnya, salam kenal 🙂

  4. Indonesia says:

    terimakasih banyak gan informasinya, mungkin bisa dibuat tabel gan keleman dan kelebihan masing2 program. trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *