Tips Tetap Bugar Selama Mudik

mudik-bugar
Tidak terasa lebaran akan segera datang. Berjuta-juta lautan manusia akan berpindah dari kota kembali ke kampung halaman. Bagi yang kampung halamannya jauh dan terpaksa menempuh dengan mobil atau bus, tentu mudik membutuhkan stamina yang kuat dan harus dijaga agar tetap bugar.

Perjalanan yang butuh waktu 3-4 jam atau lebih, dapat menimbulkan masalah. Terutama untuk wanita hamil, lanjut usia (umur di atas 60 tahun), penderita penyakit jantung dan penderita penyakit kronis lainnya (diabetes, asam urat, hipertensi dll).

Bagaimana usaha kita agar selalu dalam keadaan sehat dan bugar dalam perjalanan mudik sampai ke tempat tujuan? Ikuti kiat-kiat berikut ini! Mudah dilakukan dan perlu bagi tubuh anda.

1. Lakukan peregangan setiap jam serta jalan-jalan bila Anda naik kapal terbang. Peregangan dan gerak badan juga bisa dilakukan bila Anda mengendarai mobil, bus, dan kereta api.

2. Gerakkan otot-otot betis dan kaki secara teratur. Kencangkan dan kendurkan otot-otot pantat dan perut untuk membantu mendorong darah kembali ke jantung.

3. Minumlah air dan hindari alkohol untuk mencegah dehidrasi.

4. Kenakan baju yang agak longgar. Lepaskan sepatu Anda dan naikkan kedua kaki (bergantian dua-duanya secara bersama), tetapi jangan silangkan kedua kaki.

5. Bernapaslah teratur, jangan merokok (dapat menyebabkan kekurangan oksigen dan pengentalan darah).

6. Jangan memulai perjalanan dalam keadaan lapar. Jangan melakukan lebih dari 5 jam tanpa makan.

Nah… semoga tips ini dapat membantu members sekalian melewati perjalanan mudik yang melelahkan.

Selamat menikmati perjalanan dan semoga selamat sampai tujuan.
(Indra Harjanto)

http://www.ocidbrass.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *