Administration. Kemudian klik pada user dan kemudian pada properties. Pilih tab User Privileges. Dalam tab, temukan Administer the system dan beri tanda check. Pada Hardy Heron dan yang lebih baru, anda harus “unlock” terlebih dahulu, kemudian Anda dapat memilih salah satu user dari daftar dan klik Properties. Pilih tab User Privileges dan beri tanda check pada bagian Administer the system. Jika melalui Terminal :sudo adduser $user admin di mana anda ganti $user dengan nama user yang akan diberikan hak root. Login Sebagai User Lain Harap tidak menggunakan ini untuk menjadi root, mengingat alasan keamanan.sudo -i -u usernameMisalnya untuk berperan sebagai user “amanda” karena anda perlu untuk keperluan administrasi.sudo -i -u amandaPassword yang ditanyakan" /> Administration. Kemudian klik pada user dan kemudian pada properties. Pilih tab User Privileges. Dalam tab, temukan Administer the system dan beri tanda check. Pada Hardy Heron dan yang lebih baru, anda harus “unlock” terlebih dahulu, kemudian Anda dapat memilih salah satu user dari daftar dan klik Properties. Pilih tab User Privileges dan beri tanda check pada bagian Administer the system. Jika melalui Terminal :sudo adduser $user admin di mana anda ganti $user dengan nama user yang akan diberikan hak root. Login Sebagai User Lain Harap tidak menggunakan ini untuk menjadi root, mengingat alasan keamanan.sudo -i -u usernameMisalnya untuk berperan sebagai user “amanda” karena anda perlu untuk keperluan administrasi.sudo -i -u amandaPassword yang ditanyakan" />

Root & Sudo di Ubuntu – bag.3 (Root & User)

Sambungan dari artikel “Root & Sudo di Ubuntu – bag.2 (Penggunaan) “

User
Memungkinkan pengguna (user) lain untuk menjalankan sudo
Untuk menambahkan user baru untuk sudo, buka tool “User and Groups” dari menu System-> Administration. Kemudian klik pada user dan kemudian pada properties. Pilih tab User Privileges. Dalam tab, temukan Administer the system dan beri tanda check.

  • Pada Hardy Heron dan yang lebih baru, anda harus “unlock” terlebih dahulu, kemudian Anda dapat memilih salah satu user dari daftar dan klik Properties. Pilih tab User Privileges dan beri tanda check pada bagian Administer the system.

Jika melalui Terminal :

sudo adduser $user admin 

di mana anda ganti $user dengan nama user yang akan diberikan hak root.

Login Sebagai User Lain
Harap tidak menggunakan ini untuk menjadi root, mengingat alasan keamanan.




sudo -i -u username

Misalnya untuk berperan sebagai user “amanda” karena anda perlu untuk keperluan administrasi.

sudo -i -u amanda

Password yang ditanyakan adalah password anda sendiri dan bukan password Amanda

Root account
Mengaktifkan account root
Mengaktifkan account root jarang diperlukan.
Apa pun yang Anda perlu lakukan sebagai administrator sistem Ubuntu dapat dilakukan melalui sudo atau gksudo. Jika Anda benar-benar harus menjadi login root, gunakan sudo -i.
Anda akan diberikan peringatan “Logging in to X as root may cause very serious trouble. If you believe you need a root account to perform a certain action, please consult the official support channels first, to make sure there is not a better alternative.”

Menon-aktifkan kembali account root anda
Jika karena alasan tertentu Anda telah mengaktifkan account root anda dan ingin menonaktifkan kembali, menggunakan “sudo vipw -s” untuk mengedit /etc/shadow, ganti password root yang telah dienkripsi dengan “!”. Baris lengkap akan terlihat seperti ini : root:!:13489:0:99999:7::: Jangan menggunakan “passwd -l root”; yang akan menyudahi account, yang akan merusak root ‘s cron job.

*) Kembali ke Artikel “Root & Sudo di Ubuntu – bag.1 (Pengenalan) “

http://www.ocidbrass.com

3 Responses to Root & Sudo di Ubuntu – bag.3 (Root & User)

  1. its really really nice article for me as a starting linux user
    mas, saya super newbie nih. kalau ubuntu 8.10 memang nggak bisa login user root ya? sedang belajar lamp dan wp nih.
    thanks a lot

  2. ocid says:

    makasih mas endar….
    sama kok saya juga newbie di linux, makanya saya coba paparkan apa yang saya coba pelajari sebagai newbie dari sudut pandang seorang newbie juga….mudah2an gampang dimengerti.
    setahu saya emang di ubuntu login sebagai root default-nya di-“disable”-kan deh. Memang ada sih langkah2 buat meng-enable-kannya (yang udah master mungkin bisa ngasih tahu)…tapi buat amannya, kita bisa menggunakan fasilitas root dengan menggunakan perintah “sudo”, atau kalo nggak kita gunakan terminal, terus ketik “su -“, yang nantinya kita akan berperan sebagai root.

  3. ocid says:

    Tapi kalo memang perlu banget login sebagai root, mungkin bisa ikutin langkah-langkah yang ada di-sini.
    Tapi warningnya cara model ini tidak dianjurkan dengan alasan keamanan.
    Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *