Program Apakah Yang (Sebaiknya) Dipakai Untuk Membangun Toko Online

Ada banyak software / CMS yang dapat kita gunakan jika kita ingin membangun sebuah toko online (e-commerce). Dan yang asyik, hampir keseluruhan program tersebut dapat kita gunakan secara gratis. Namun banyaknya pilihan tersebut di satu sisi justru malah membuat kita bingung sendiri untuk menentukan program manakah yang sebaiknya kita gunakan jika kita memang berniat untuk membangun toko online.

Sebenarnya, pemilihan software / CMS yang cocok untuk kita tidak bisa lepas dari seperti apakah toko online yang kita bangun tersebut. Kasus ini mungkin mirip dengan kasus memilih handphone. Ada begitu banyak pilihan handphone dengan aneka fitur yang ditawarkan dan beragam harga pula. Apabila kebutuhan kita ternyata hanya terbatas untuk menelepon dan SMS saja, maka akan sangat mubadzir jika kita gunakan uang kita untuk membeli misalkan sebuat Blackberry. Namun jika kebutuhan handphone kita memang diperlukan juga untuk akses data lainnya misalnya mengecek email, maka sebuah handphone dengan fitur sederhana pasti tidak akan dapat memuaskan kebutuhan anda.

Untuk itu, kembali ke masalah toko online. Dalam menentukan program CMS yang cocok untuk toko online kita tidak lepas dari kebutuhan fitur apa yang kita inginkan untuk toko online kita tersebut. Untuk ini sedikit sharing berikut mudah-mudahan dapat sedikit banyak bermanfaat untuk membantu kita menentukan CMS apa selanjutnya yang akan kita pilih.

1. Jika kita ingin membuat sebuah Mall.
Jika kita ingin agar toko online kita layaknya sebuah Mall atau sebuah Authority Site, dimana kita tidak sekedar jualan produk, tetapi kita juga memberikan jasa-jasa lainnya misalkan jasa konsultasi, image gallery, Forum Diskusi, dsb, maka CMS yang cocok digunakan menurut saya adalah Joomla + Virtuemart-nya.

Hampir segala fitur yang dibutuhkan oleh toko online bisa dilayani oleh Virtuemart. Sedangkan kekuatan Joomla sebagai sebuah CMS yang dipersiapkan untuk menjadi sebuah portal, membuatnya memiliki fitur yang nyaris tak tertandingi oleh CMS program e-commerce lainnya.
Kelemahan dari CMS ini adalah Joomla + Virtuemart membutuhkan resource space / memory yang sangat besar. Hal ini tentu akan berpengaruh kepada kecepatan loading website / toko online yang kita bangun. Belum lagi kita tentunya butuh menyewa hosting yang memiliki kapasitas cukup besar, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap faktor biaya yang pasti lebih mahal. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah kompatibilitas browser. Modul dan Komponen yang digunakan di Joomla yang lumayan rumit biasanya sedikit bermasalah di beberapa jenis browser.
Jika anda memang menggunakan CMS ini untuk website / toko online anda, yakinkanlah bahwa website anda dapat berjalan dengan baik pada beberapa browser utama seperti Mozila Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, dan Safari.

2. Jika kita ingin membuat sebuah toko online yang terintegrasi dengan artikel.
Banyak mereka yang ingin membangun toko online-nya terintegrasi langsung dengan artikel / posting. Hal ini dikarenakan diantaranya adalah selain lebih interaktif, toko online tersebut juga akan lebih baik secara SEO. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan karena akan banyak membantu website / toko online tersebut supaya lebih Search Engine Friendly. Untuk itu jika bermaksud membangun toko online jenis ini, ada baiknya menggunakan WordPress.

Sebagai sebuah CMS yang dipesiapkan untuk sebuah blog, WordPress sangat powerfull untuk memposting sebuah artikel. Sedangkan untuk kebutuhan toko online, maka bisa ditambahkan plugin Wp-ecommerce ataupun plugin Quick-Shop. Kelebihan wordpress ini adalah resource yang dibutuhkan jauh lebih sedikit daripada yang dibutuhkan oleh Joomla + Virtuemart.

3. Jika kita ingin membangun toko online mandiri.
Istilah toko online mandiri murni rekaan saya aja untuk menggambarkan sebuah toko online yang memang murni hanya jualan produk saja. Untuk itu CMS yang digunakan sebaiknya adalah sebuah CMS yang memang disediakan khusus untuk toko online / e-commerce. Ada banyak pilihan CMS semacam ini, mulai dari oscommerce, prestashop, zenchart, dll. CMS jenis ini sangat ringan dan memakan resource yang cukup kecil sehingga cukup ekonomis.

4. Jika kita ingin website jualan / toko semi online
Yang saya maksud toko semi online adalah website yang semata-mata digunakan sebagai etalase, ajang untuk memajang barang dagangan. Adapun untuk transaksinya sendiri masih dilakukan secara konvensional dimana si pembeli memesan barang yang dimaksud kepada penjual, kemudian transfer uang, selanjutnya barang dikirim. Jika anda memang bermaksud membangun toko online jenis ini, maka anda memiliki banyak sekali pilihan untuk membuatnya. Mulai dari membuat situs dengan domain sendiri, sampai ke memanfaatkan layanan blog / website yang bisa anda dapatkan secara gratisan. Anda dapat menggunakan jasa pelayanan blogger / blogspot, wordpress.com, multiply, facebook, ataupun friendster untuk hal semacam ini.

** Maaf, hanya sebuah sharing abal-abal 🙂 **

http://www.ocidbrass.com

6 Responses to Program Apakah Yang (Sebaiknya) Dipakai Untuk Membangun Toko Online

  1. luyi.thomas says:

    Hey, you have a great blog here! I'm definitely going to bookmark you! Increasing your web traffic and page views Add, add your website in http://www.directory.itsolusenz.com/ site, it's pretty awesome too!

  2. ocid says:

    Thanks Thomas… 🙂
    Have a nice day

  3. Boz, thanx infonya sngt membantu. Emang kalo mau bikin sesuatu hrs tau tujuannya dl, betul boz..

    Boz, punya shopperpress untuk wordpress ga, ni katanya plugin toko online baru dan bagus.

    btw, thx wp-e-c nya.. 🙂

  4. pipin says:

    makasih buanget trik excelnya, ternyata bener-bener mudah bila tau ilmunya
    makasih buanget ni
    moga dapat balasan yang berlipat dari-Nya, dan kita diselamatkan dari api neraka. amin

  5. ocid says:

    @welly, makasih juga mas. Mengenai pluginnya emang di halaman plugin di wordpress.com belum ada ya? Maaf saya belum punya. Mudah2an nanti ketemu.
    @Pipin, makasih banget doanya. Isya ALLOH doa yang sama juga untuk mas Pipin… amin…

  6. sudah banyak bertebaran script toko online kita bisa memilih sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *