Printer 3D

Jaman emang sudah semakin canggih ya. Jika selama ini kita mengenal kegunaan printer adalah untuk mencetak dokumen dan photo, maka pada jaman sekarang ini ternyata printer juga bisa digunakan untuk mencetak benda / objek berbentuk 3D. Ya betul 3D alias 3 Dimensi. Mungkin beberapa diantara anda sudah mengentahuinya, tapi sebagian lagi mungkin baru mengetahui adanya teknologi ini.

Kebetulan pada saat penyelenggaraan IIMS bulan lalu di Kemayoran, saya menghadiri suatu seminar dari sebuah perusahaan Printer. Printer yang dipresentasikan di seminar itu bukan seperti printer-printer selama ini yang sering kita lihat di toko-toko komputer ataupun tempat infus printer. Printer yang ini memiliki ukuran yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran printer konvensional yang selama ini kita kenal. Satu yang mirip dimata saya dengan printer yang dijual di tempat infus Printer yaitu printer ini juga menggunakan infus untuk media print-an-nya :D.

Hasil yang diperoleh dari Printer ini cukup istimewa, karena yang dihasilkan bukanlah selembar kertas, melainkan model-model dalam bentuk solid atau 3 Dimensi. Jadi rupanya kebutuhan akan printer yang bisa mencetak benda Solid ini sudah semakin diperlukan terutama oleh perusahaan-perusahaan yang menerapkan Rapid Prototyping atau keperluan untuk membuat suatu prototype dengan cepat. Contoh perusahaan-perusahaan seperti ini misalnya pabrikan Mobil, dimana mereka perlu mensimulasikan hasil design mereka ke dalam bentuk real benda sebelum benda tersebut diproduksi massal. Hal ini tentunya akan sangat menghemat anggaran mereka, karena selain waktu pembuatan prototype yang lebih cepat, juga kesalahan-kesalahan design dapat diminimalisir sedini mungkin.

Gambar di atas merupakan penampakan salah satu printer 3 Dimensi yang saya maksudkan.
Dan berikut ini contoh-contoh benda yang dihasilkan oleh printer tiga dimensi

Secara umum dan secara awam (karena saya sendiri tidak terlalu paham detail, hanya berbekal hasil presentasi seminar), media yang digunakan untuk mencetak oleh Printer ini bukanlah Tinta yang biasa digunakan di Printer konvensional, melainkan suatu aditive, atau komposit atau apalah istilahnya. Nah media inilah yang digunakan untuk mencetak mulai dari satu lapisan / layer sampai lapisan / layer yang lain yang ketebalannya dalam ukuran mikron. O ya, gambar yang akan dicetak sendiri juga harus merupakan gambar 3 Dimensi yang biasanya dihasilkan oleh Program-progam CAD/CAE semacam Pro-Engineering, Catia, dll.

Yup, cukup menarik melihat perkembangan teknologi masa kini. Sayang ya, untuk sekarang harganya masih sangat tinggi untuk digunakan untuk rumahan. Padalah asyik juga ya kalo di rumah punya mainan seperti ini, bisa dengan gampang bikin miniatur-miniatur-an 😀

http://www.ocidbrass.com

One Response to Printer 3D

  1. thanks gan, you write useful info and really good, nice and greet bloggers blog. I am from the blog
    sprei
    bedcover
    bed cover

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *