Posting Source Code di Blogger

Adakah diantara anda yang menggunakan blogger yang pernah mencoba untuk memposting source kode ? Berhasilkah ? Pertama kali saya mencoba memposting source code di blogger saya sangat dipusingkan karena ternyata source code tersebut langsung diterjemahkan oleh WYSIWYG-nya blogger menjadi kode HTML. Alhasil, tulisan source code saya menghilang.

Akhirnya saya googling mengenai cara memposting source code di blogger. Saya kemudian menemukan petunjuk di pleasemakeanote. Sayapun langsung mempraktekkan petunjuk yang ada. Hanya saja ternyata setelah saya coba, saya tetap mengalami kegagalan untuk memposting source code saya. Entah dimana yang salah. Saya coba googling lagi, tapi tidak dapat menemukan petunjuk lainnya yang lebih memuaskan.

Akhirnya setelah saya coba pikirkan, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan sehubungan dengan masalah posting source code di blogger :

  1. Menunggu dan berharap semoga tim WYSIWYG-nya blogger segera menambahkan fitur untuk memposting source code di blogger.
  2. Menggunakan parameter <textarea> pada source code kita
    contoh :
    <textarea> code anda… </textarea>
    maka hasilnya nanti akan menjadi seperti ini

  3. Mengganti secara manual
    Tanda “<” diganti dengan karakter “&lt;, dan tanda “>” diganti dengan karakter &gt;
    maka hasilnya nanti akan menjadi seperti ini
    <code anda…>

Jika dilihat, tampaknya langkah ke-tiga akan menjadi suatu pekerjaan yang melelahkan bukan ? Anda harus menulis manual entah seberapa banyak tanda “<" dan ">” di source code anda dengan tanpa salah satupun atau source code anda akan salah.

Untungnya ada solusi mudah untuk ini.Anda cukup memanfaatkan text editor yang biasanya merupakan program bawaan di OS anda. Kemudian anda gunakan fasilitas replace (biasanya dengan menekan tombol Ctrl+H), maka pekerjaan untuk merubah kode-kode tersebut menjadi terasa mudah.

Yang mana yang anda akan pilih ? Saya sendiri cenderung untuk melakukan kombinasi antara keduanya.

http://www.ocidbrass.com

One Response to Posting Source Code di Blogger

  1. Nona says:

    Wow, that’s a really clever way of thniikng about it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *