Perlukah Seorang Pembimbing untuk Sukses di Dunia Internet Marketing ?

Internet Marketing. Kata ini akhir-akhir ini semakin sering keluar terdengar di telinga. Dan memang Internet Marketing ini seolah-olah sedang naik daun di dunia per-internetan, khususnya di Indonesia.

Dan tahukan anda bahwa -kata “internet marketing” paling banyak dicari di Indonesia. Menurut laporan Google Trends, Indonesia merupakan negara terbanyak yang mencari kata internet marketing di dunia, disusul selanjutnya oleh Malaysia dan Singapora (data Google Trends diambil tanggal 3 Maret 2009).

Sebenarnya apasih yang dicari dengan menggunakan kata ini ? Ya…saya yakin anda semuanya dapat menebaknya. Apa lagi kalau bukan untuk berusaha mendapatkan informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari internet.

Internet, seperti yang sudah anda tahu, merupakan sumber informasi yang sangat berlimpah. Saking semua-nya ada, sampai-sampai kadang-kadang informasi yang kita inginkan tersebut menjadi overload. Dan celakanya kita sulit untuk memilah-milah mana informasi yang memang benar-benar kita perlukan dan dapat dipercaya, dan mana informasi yang isinya hanya “Sampah”.

Hal ini berlaku pula dengan informasi mengenai Internet Marketing. Di internet, anda dapat menemukan segala informasi yang anda butuhkan untuk mencari tahu bagaimana mendapatkan uang dari internet. Cuma permasalahannya, bagaimana anda bisa tahu informasi yang benar-benar bagus dan mana yang tidak bermutu. Jika kita mendapatkan informasi yang benar-benar bermutu pun, mungkin kita akan bingung saking banyaknya informasi tersebut sehingga yang mana diantara informasi tersebut yang memang lebih penting dibandingkan dengan yang lainnya.

Salah satu cara menyelesaikan permasalah ini sebenarnya sangat gampang. Apakah itu ?

PEMBIMBING. Ya betul, saya percaya salah satu yang diperlukan oleh para pemula untuk sukses dengan cepat adalah perlunya seorang pembimbing yang sudah terpercaya dan mampu menduplikasikan kemampuannya kepada yang dibimbingnya. Rumus ini sebenarnya berlaku di semua hal, termasuk pula di dunia internet marketing.

Lantas bagaimana caranya kita bisa mendapatkan pembimbing yang terpercaya ?

Pembimbing yang terpercaya dapat membimbing kita menurut saya minimal harus memenuhi dua syarat.
Pertama, dia sudah sukses di bidang yang digelutinya tersebut. Bagaimana kita bisa berharap dan percaya kita akan sukses di dunia internet marketing jika pembimbing kita sendiri bukan seorang yang sukses di dunia internet marketing. Betul tidak ?

Kedua, dia harus sudah mempunyai metode atau program mengenai bagaimana cara sukses di dunia internet marketing. Ini juga menurut saya adalah sesuatu yang penting. Karena jika tidak maka sistem belajar kita akan tidak efektif. Kita cenderungnya hanya akan berperilaku serabutan tanpa arah. Bisakah anda bayangkan jika kita sekolah tanpa adanya kurikulum ?

Di Indonesia sudah banyak pakar-pakar yang mendalami dunia internet marketing. Beberapa yang terkenal adalah Anne Ahira, Cosa Aranda, ataupun Medhy Agynta. Mereka adalah contoh orang yang susah sukses di dunia internet marketing dan mau berbagi ilmu internet marketing mereka. Anne Ahira dengan Asian Brain-nya, Cosa Aranda dengan blog Cosa Aranda-nya, serta Medhy Agynta dengan blogguebo-nya. Selain mereka bertiga, tentunya masih banyak juga pakar-pakar dunia internet marketing yang berasal dari Indonesia yang mana mereka telah sukses dan mempunyai metode yang cukup dapat dipercaya untuk sukses di dunia internet marketing.

Tinggal semuanya kembali kepada diri kita masing-masing. Maukah kita ikut sukses seperti mereka. Jika memang mau, langkah awal sebenarnya sudah terbuka. Tinggal selanjutnya maukah kita melangkah lebih lanjut. Karena kita tidak mungkin sukses jika kita memang tidak memulai langkah untuk menuju ke arah sana.

Catatan :

  • www.blogguebo sampai hari ini masih secara reguler di-update oleh om Medhy
  • cosaaranda.com beberapa bulan terakhir ini di-rombak total oleh mas Cosa, sehingga banyak tips-tips seputar internet marketing tidak dapat ditemukan lagi di blog ini. Saya gak tahu kapan dan apakah mas Cosa akan mengeluarkan lagi artikel-artikelnya yang sangat berharga tersebut.
  • asianbrain.com saat artikel ini ditulis sedang mengadakan PROMO selama bulan Maret. Detial promo-nya seperti apa ? Silahkan anda baca sendiri di situsnya AsiaBrain.com

http://www.ocidbrass.com

One Response to Perlukah Seorang Pembimbing untuk Sukses di Dunia Internet Marketing ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *