Pengertian PageRank Menurut Orang Sok Tahu

Google PageRank sudah merupakan suatu primadona di dunia internet khususnya bagi mereka yang aktif mengelola suatu situs baik itu berupa portal, blog, forum atau bentuk-bentuk situs lainnya. Hal itu disebabkan semakin tinggi angka pagerank suatu situs, maka semakin besar kemungkinan dia muncul di halaman depan dari Search Engine (Google), yang artinya traffic yang datangpun kemungkinan akan semakin besar.

Namun sebenarnya PageRank itu sendiri apa sih ?

Secara etimologis, PageRank terbentuk dari dua kata yaitu “Page” dan “Rank”. Kedua kata ini menimbulkan dua pengertian yang berbeda yang kedua-duanya bisa diterapkan untuk mengartikan apa itu pagerank (sorry..yang ini analisa saya sendiri hehehe…).

Pengertian pertama
Page rank bisa diartikan ranking (rank) dari tiap halaman (page) situs. Sistem penilaian pagerank memang diberlakukan terhadap alamat tiap halaman di internet dan bukan terhadap situs. Meskipun yang dikejar oleh para webmaster adalah nilai pagerank tinggi pada situs mereka, namun sebenarnya nilai yang berlaku tersebut tidaklah mewakili nilai pagerank tiap halaman artikel dari situs yang mereka miliki.
(di artikel ke depan Insya Alloh akan saya bahas alasan kenapa saya katakan bahwa pagerank ini berlaku untuk tiap halaman (page) suatu situs dan bukan situs tersebut secara keseluruhan).

update : bisa baca di artikel “Bahas PageRank Lagi (Bayar Hutang)“.

Pengertian kedua
Pagerank bisa juga diartikan ranking (rank) yang disusun oleh Page. Page disini mengacu kepada nama yaitu Larry Page yang merupakan salah seorang pendiri Google selain Sergey Brin. Pada saat Google masih dalam riset mereka berdua, Larry Page lah yang waktu itu berinisiatif menyusun suatu algoritma agar hasil pencarian dari Search Engine akan berbobot. Alasannya adalah selama ini banyak orang yang kecewa terhadap hasil pencarian Search Engine yang waktu itu ada semacam Altavista, Hotbot, dll.
Larry Page waktu itu bermaksud untuk mendownload keseluruhan isi Word Wide World (www) dalam satu minggu (suatu ambisi yang besar ya :D). Meskipun setelah setahun kemudian Larry Page mengaku belum setengahnya isi www yang dia download, hanya saja dari hal tersebut dia kemudian mendapat ide mengenai pengurutan kualitas suatu situs berdasarkan jumlah link yang mengacu kepada situs tersebut. Atas dasar ide itulah maka kemudian lahir istilah Pagerank.
(Cerita selengkapnya mengenai hal ini dapat anda baca di buku “Kisah Sukses Google”)

Demikian kiranya pengertian Pagerank menurut seorang yang sok tahu hehe… 😀

Adapun untuk pengertian yang lebih valid lagi mungkin bisa mengacu kepada pengertian yang disebutkan oleh Wikipedia Indonesia : “PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting / populer”.

http://www.ocidbrass.com

5 Responses to Pengertian PageRank Menurut Orang Sok Tahu

  1. tipis says:

    oo begitu to, makasih infonya mas. emang ngomongin pr asik bener haha. tapi untuk hasil SERP kayaknya PR gk gitu ngaruh deh. yg ngaruh tuh ilmu SEO nya 🙂 seringkali sebuah halaman web tanpa pr tapi masuk halaman pertama pencarian google. ya krn SEO nya optimal 🙂

  2. ocid says:

    Iya mas Tipis…Emang itulah hebatnya om Google. Tujuan dia adalah memberikan hasil yang paling relevan dengan yang dicari. Waktu PR site ini dulu masih “0”, saya kadang surprise untuk beberapa kata kunci site ini nongol di halaman depan. Tapi bagaimanapun Google membuat aturan pagerank itu justru dalam rangka memberikan hasil yang paling optimal kok :). Kalo nggak ngapain para webmaster itu berburu backlink kalo nggak buat ningkatin pagerank.

  3. Nias Zalukhu says:

    Iya sih google pagerank memang mencatat rank per halaman blog/site. Makanya terkadang sebuat situs/blog pagerank halamannya beda-beda. Namun yang menjadi patokan atau yang diperhatikan orang selama ini ya pagerank halaman utama (homepage)

  4. ocid says:

    iya om Zalukhu, saya juga setuju.
    btw : makasih ya dah mampir 🙂

  5. T. Wahyudi says:

    makasih mas infonya… numpang mampir salam kenal mas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *