Optimasi Bisnis Internet

Optimasi Bisnis InternetOptimasi Bisnis Internet. Optimasi, jika ditilik dari kata asalnya yaitu “Optimal” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti : (ter)baik; tertinggi; paling menguntungkan.

Sedangkan jika dihubungkan dengan dunia online, kata Optimasi sedikit mengalami penyempitan arti. Di dunia online, Optimasi populer setelah muncul istilah SEO (Search Engine Optimization). SEO sendiri merupakan suatu ilmu atau kegiatan dalam rangka menempatkan suatu website agar berada di halaman tertinggi dari mesin pencari di internet dalam hal ini Google.

Kalimat Optimasi Bisnis Internet sengaja saya angkat  karena saya ingin menyampaikan betapa besarnya peranan internet di jaman sekarang ini. Internet sekarang telah menjelma menjadi salah satu bentuk dunia lain yang mendampingi dunia nyata yang selama ini kita tinggali. Kehadiran internet memunculkan berbagai macam cara dan ide baru dalam hal memasarkan suatu product ataupun jasa. Istilah yang kemudian populer adalah Internet Marketing, yaitu sebagai suatu bentuk kegiatan marketing dengan menggunakan media internet.

Inilah yang ingin saya angkat dalam tulisan kali ini. Optimasi Bisnis Internet  saya rangkum dari dua kalimat, yaitu “Optimasi Bisnis” dan “Optimasi Internet”.

Optimasi bisnis yaitu bagi mereka yang sudah memiliki bisnis sendiri yang selama ini mungkin masing menggunakan cara-cara yang konvensional, maka dengan menggunakan media internet diharapkan agar bisnis mereka dapat lebih optimal, dapat lebih menguntungkan, pokoknya MEROKET.

Sedangkan Optimasi Internet, maka bagaimana agar kegiatan internet yang biasa dilakukan selama ini tidak sebatas hanya untuk bersenang-senang dan mencari hiburan. Guru internet saya Ali Akbar pakarSEO pernah mengatakan Orang yang bisa menggunakan internet adalah orang pintar, tapi orang yang bisa menggunakan internet untuk menghasilkan uang adalah orang Cerdas. Kalau orang Bijak? Entahlah… pakarSEO waktu itu gak ada bilang-bilang mengenai orang bijak, hehe… 😀

Tapi bagaimanapun kita harus sadari. Di era informasi sekarang ini, saya berpendapat kita tidak lagi bisa hanya menjadi sekedar seorang penonton. Kecepatan teknologi demikian pesatnya. Teman saya yang ingin beli komputer sampai tertunda berkali-kali niatnya. Ketika ditanya, “Kenapa belum beli komputernya?”  Jawabnya, “Nanti, nunggu spesifikasi yang paling canggih” 😀
Jika kita hanya sekedar menjadi penonton, maka suatu saat kita akan merutuki diri sendiri melihat para pemain yang telah lebih dahulu terjun ke dunia Optimasi Bisnis Internet menikmati jerih payah mereka.

2 Responses to Optimasi Bisnis Internet

  1. Wahh saya jadi mau Optimasi Bisnis Lokal juga nie pak Setelah baca artikelnya, Heeeh heee 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *