Nofollow & Dofollow

Istilah “nofollow” dan “dofollow” sebenarnya pernah saya dengar dari beberapa dari beberapa waktu lalu. Namun karena konsenstrasi pengembangan blog saya pada saat itu masih mengarah ke yang lain semisal mengatur tampilan blog, posting, dll, maka istilah tersebut lewat begitu saja. Barulah setelah beberapa waktu kemaren saat saya sedang blogwalking ke blognya mas Medhy Aginta, kedua istilah itu mulai menarik perhatian saya kembali.

Penggunaan “nofollow” merupakan suatu settingan dimana link blog yang terdapat pada blog misalnya saja di komentar tidak akan di-crawl (apa istilah Indonesianya yang enak ya ? dianggap mungkin ya…) sebagai suatu link oleh Crawler suatu Search Engine. Sedangkan istilah “dofollow” sendiri sebenarnya bukan suatu kegiatan, tapi lebih ke suatu keadaan dimana tidak diaktifkannya “nofollow” pada blog.
Kondisi “nofollow” ini sendiri biasanya merupakan kondisi default dari beberapa platform blog seperti WordPress dan Blogger.

Bagi anda yang memerlukan tambahan info lainnya mengenai “nofollow” dan “dofollow” mungkin bisa membaca artikel Mas Medhy di sini. Sedangkan mereka yang menggunakan blogger/blogspot dan ingin mematikan fasilitas “nofollow”, maka bisa mengikuti tutorialnya di sini.

http://www.ocidbrass.com

2 Responses to Nofollow & Dofollow

  1. Paman Gober says:

    apapun komentarnya… minumnya teh botol sosro… ya ga mas? hehehe

  2. ocid says:

    akur mas Gober…eh paman Gober… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *