MotoGP Kehilangan Seorang Pembalap Bertalenta : Marco Simoncelli

Dunia olah raga balap khususnya balap motor kembali berduka. Salah satu talenta yang dimilikinya telah meninggal pada hari Minggu tanggal 23 Oktober 2011, tepatnya saat digelar balapan seri Motogp periode 2010-2011 di Sirkuit Sepang Malaysia.

Pembalap yang dimaksud adalah Marco Simoncelli. Pembalap Italia yang digadang-gadang sebagai pengganti Valentino Rossi ini meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan fatal pada saat balapan baru digelar 2 lap. Simoncelli yang saat itu sedang melintasi tikungan dengan kecepatan tinggi terjatuh dan Colin Edwards yang tepat di belakang Simoncelli sudah tidak mungkin lagi dapat menghindar akhirnya menghantam Simoncelli. Tabrakan ini sendiri melibatkan pembalap lainnya yaitu Valentino Rossi yang juga tepat berada di belakang kedua pembalap. Beruntung, Rossi masih bisa menjaga keseimbangan sehingga tidak sampai terjatuh meskipun ia sampai terpental ke luar trak dan kondisi motornya rusak terkena hantaman.

Dalam insiden tersebut, terlihat helm Simoncelli sampai terlepas dari kepalanya. Hal ini tentu saja sangat krusial mengingat fungsi helm yang sangat penting dalam melindungi kepala ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Pihak penyelenggar MotoGP sendiri mengungkapkan bahwa mereka berencana menyelidiki lebih lanjut mengenai hal ini, meskipun saat ini belum mau bicara panjang lebar mengingat dunia Motogp masih dalam kondisi berkabung.

Tim Medis Motogp sendiri menyebut bahwa tewasnya Simoncelli dalam peristiwa yang konon terburuk semenjak kematian Daijiro Katoh beberapa tahun silam diakibatkan cedera yang dialami di bagian kepala, leher, dan dada.

Yang jelas dunia olahraga khususnya dunia Motogp merasa kehilangan yang sangat mendalam atas meninggalnya Marco Simoncelli. Berbagai simpatipun mengalir baik dari rekan sesama pembalap, para teknisi dan direktur tim, sampai masyarakat pencinta Motogp di seluruh dunia.

Selamat jalan Marco Simoncelli. Kehadiranmu telah membawa sesuatu yang berbeda terhadap Motogp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *