Mimpi-Action-Berani-Benar

Seorang Ahli Sufi terkenal yaitu Jallaludin Ar Rumi pernah ber-ungkap : “Ada keberanian jika anda ingin menjadi benar.”

Jika saya coba pahami kembali makna yang diungkapkan oleh Ar Rumi, bahwa jika kita ingin menjadi benar diperlukan keberanian untuk mewujudkannya dan bukan hanya sekedar keinginan.

“Ingin menjadi benar” dapat dimaknai bahwa kita ingin melakukan suatu perubahan / gerakan / hijrah dari sesuatu yang sebelumnya belum benar menjadi sesuatu yang benar. Namun perubahan / gerakan / hijrah itu tidak akan dapat terwujud jika kita tidak memiliki keberanian.

Dalam salah satu seminarnya (yang kebetulan saya hadir di sana), penulis buku Best Seller Indonesia “7 Keajaiban Rejeki” Ippho Santosa mengatakan bahwa pembeda antara seorang Penakut dan Pemberani adalah ACTION. Seseorang boleh saja memiliki mimpi, cita-cita, atau rencana yang hebat. Namun jika semuanya itu tidak diaplikasikan, maka semua itu kembali hanya akan berupa mimpi, cita-cita dan rencana yang tanpa wujud dan tidak bermanfaat. Untuk itu, agar Mimpi, Cita-Cita, dan Rencana tersebut menjadi bermanfaat, maka action lah yang diperlukan dan dengan action maka seseorang tersebut layak disebut sebagai seorang Pemberani, karena dia berani bergerak, berani bertindak, dan berani mencoba agar mimpinya tersebut terwujud.

kembali ke pokok bahasan awal, bahwa untuk menjadi benar, seseorang membutuhkan keberanian. hal ini menjadi bisa dipahami, karena keberanian ini lah yang merupakan wujud dari tindakan atau action yang dilakukan. Menjadi benar berarti menjadi lebih baik. Dalam menjadi lebih baik tentu akan banyak dihadapi tantangan-tantangan dan rintangan-rintangan. Semakin besar nilai kebenaran yang ingin dicapai, maka semakin besar pula rintangan dan tantangan yang harus dihadapi. Apa jadinya jika Rasul-Rasul dan Nabi-Nabi tidak memiliki keberanian dalam usaha mereka menyampaikan kebenaran. Mungkin umat manusia akan senantiasa berada di dalam kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *