Mengenal TRIZ – Sekelumit Sejarah Genrich Altshuller

Genrich-Altshuller-penggagas-TRIZTRIZ adalah singkatan dari kata-kata dalam bahasa Rusia :  Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (Teori Solusi Masalah Inventif).

Metode TRIZ diperkenalkan pertama kali oleh seorang ilmuan asal Rusia yang bernama Genrich Altshuller pada tahun 1948.

Altshuller memulai penelitiannya dari berbagai macam patent yang ia miliki. Tujuam utama penelitiannya adalah untuk mencari solusi atau panduan dalam proses innovasi ataupun pembuatan ide-ide baru. Hal tersebut dikarenakan pengembangan innovasi yang selama ini umum digunakan biasanya menggunakan metode Trial dan Error.

Setelah meneliti sekitar 400.000 buah patent, Altshuller menemukan bahwasanya ternyata hanya sekitar 0.3% saja dari solusi yang telah dipatent-kan yang benar-benar merupakan penemuan baru.

Sisanya sebanyak 99.7% ternyata menggunakan prinsip-prinsip atau teknologi yang sudah ada hanya saja berbeda dalam hal pengaplikasiannya.

Hal lain yang ditemukan oleh Altshuller, sebagian besar invensi yang dihasilkan ternyata sedikit saja menggunakan prinsip solusi yang berbeda.

Oleh karena itu, Altshuller berpendapat bahwa sebagian besar permasalahan innovasi yang ada dapat diselesaikan dengan menggunakan prinsip yang sama yang digunakan di bidang yang lain. Penemuan ini selanjutnya mendorong penelitian lebih lanjut tentang bagaimana menemukan prinsip mendasar dalam proses innovasi.

Tujuan utama dari penelitian Altshuller beserta murid-muridnya adalah mengembangkan suatu methodology inventive yang dapat menjadi panduan sehingga suatu permasalahan dapat dipecahkan dengan lebih cepat tanpa harus melalui proses Trial and Errors.

Dalam perkembangannya seiring prinsip TRIZ ini digunakan, bermunculanlah tool-tool baru yang berguna untuk membantu proses innovasi  dengan menggunakan prinsip-prinsip TRIZ tersebut. Beberapa tool tersebut diantaranya adalah : The 40 Inventive Principles (40 Prinsip Invensi), Natural Effects, Separation Principles, Substance-Field Analysis, Paterns of Evolution, Standard Solution, ARIZ, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *