Mengenal Terminal Ubuntu – 4 (Adding New User, Options, Man, and Getting Help)

Artikel ini sambungan artikel Mengenal Terminal Ubuntu – 3 (System Information Commands)

Menambahkan User Baru
Perintah “adduser userbaru” akan memciptakan user umum dengan nama “userbaru” pada sistem anda. Untuk menambahkan password pada account “userbaru”, dapat menggunakan perintah “passwd userbaru“.

Options
Aturan baku atau default dari suatu perintah bisa dimodifiksi dengan menambahkan option perintah. Perintah “ls” misalnya, mempunyai option “-s” sehingga jika perintah “ls -s” dijalankan, maka akan ditampilkan juga ukuran (size) dari list yang ditampilkan. Ada juga option “-h” untuk mendapatkan format tampilan ukuran yang lebih enak dibaca.

Option dapat digabungkan kedalam satu perintah. Perintah “ls -s -h” bisa digabungkan menjadi perintah “ls -sh“. Perintah versi panjang pun memiliki arti yang sama. Misalnya perintah tadi dapat juga ditulis dengan “ls –size –human-readable“.

“Man” dan Mendapatkan Pertolongan
Perintah “man“, “info“, dan “–help” merupakan alat yang sangat berguna pada command line.

Biasanya setiap perintah dan aplikasi di Linux memiliki suatu file man (manual), dan untuk menemukannya, anda tinggal mengetik perintah “man [command]” untuk menampilkan manual yang lebih panjang dari suatu perintah. Contoh : perintah “man mv” akan menampilkan manual dari perintah mv (move).

Untuk berpindah dari atas ke bawah dari file man, anda dapat menggunakan tombol panah (di keyboard), dan untuk kembali ke command prompt atau keluar dari file man, maka anda dapat menekan tombol “q“.

Ada juga perintah “info” yang umumnya akan membawa anda lebih dalam lagi dari penjelasan yang ada di file man. Jika anda menemukan suatu perintah yang tidak memiliki file man, mungkin ada baiknya anda mencoba menggunakan perintah “info” ini. Contoh penggunaan bisa anda mulai dengan perintah “info info” untuk mengetahui kegunaan perintah “info” lebih jauh.

Umumnya semua perintah (commands) mempunyai option -h (atau –help) yang akan menghasilkan deskripsi singkat dari suatu perintah dan option-option yang dia miliki.

bersambung ke artikel Mengenal Terminal Ubuntu – 5 (Informasi Tambahan)

http://www.ocidbrass.com

2 Responses to Mengenal Terminal Ubuntu – 4 (Adding New User, Options, Man, and Getting Help)

  1. Anonymous says:

    Gimana caranya pindah direktori seperti layaknya di Windows, ex : saya punya file di folder “/home/javacomp/Documents/Spitz” nah saya ingin masuk ke direktori Spitz itu menggunakan terminal, bagaimana cara memberikan perintahnya, di windows biasa menggunakan command CD or CD.. or CD, thx for the answer

    Please send me email on byzramku@telkom.net

  2. ocid says:

    sebetulnya untuk pindah direktori, perintahnya mirip sama did DOS kok….bisa pake perintah “cd”.
    Lengkapnya om byzramku mungkin bisa baca artikel Mengenal Terminal Ubuntu – 2 (Sudo, File & Directory Commands).
    Saya kirim lewat email juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *