Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

Bagi yang sudah biasa berkecimpung di dunia Internet Marketing pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Atau yang baru berkecimpung di dunia Internet mungkin sedikit banyak pernah mendengar tentang SEO ini.

SEO merupakan suatu ilmu lama tapi baru. Maksudnya sebenarnya SEO ini adalah sesuatu yang sudah sangat lama dikenal terutama semenjak bisnis mulai merambah ke dunia internet. Namun bisa dibilang baru juga mengingat perkembangan SEO sendiri yang sangat dinamis, dan selalu berubah dari waktu ke waktu.

Kembali ke pertanyaan dasar, sebenarnya apa sih SEO ?

SEO adalah kepanjangan dari kata (dalam bahasa Inggris) Search Engine Optimization, yaitu merupakan suatu bidang yang mengusahakan suatu web atau situs supaya memperoleh peringkat yang tinggi di Search Engine (biasanya targetnya adalah urutan satu atau halaman satu). Hal tersebut dikarenakan semakin web tersebut berada di peringkat tertinggi, maka semakin besar kemungkinan web atau situs tersebut dikunjungi atau memperoleh traffic. Secara umum sebenarnya ini berlaku untuk semua mesin pencari. Namun di dalam prakteknya, yang menjadi target mesin pencari untuk SEO adalah mesin pencari no.1 di dunia yaitu GOOGLE.

SEO mengacu pada proses penggunaan optimasi on-page dan optimasi off-page untuk dapat memperoleh peringkat terhadap halaman web kita dengan penggunaan kata kunci tertentu guna mendapatkan traffic dari mesin pencari. Hal tersebut biasa juga dikena dengan daftar pencarian organik, dimana halaman tersebut masuk ke peringkat atas dari hasil pencarian secara gratis.

Selain SEO, dikenal juga istilah lainnya yaitu Search Engine Marketing (SEM). Perbedaannya dengan SEO, pada SEM guna berada di halaman depan mesin pencari, juga digunakan daftar hasil pencarian berbayar. Pemilik web membayar sejumlah biaya ke mesin pencari sehingga pada saat diketikkan suatu kata kunci tertentu yang ditargetkan, halaman web mereka bisa muncul di halaman pencarian. Hal ini tentunya dilakukan dengan harapan akan bertambahnya traffic ke situs mereka.

Apa perbedaan antara daftar pencarian organik dan daftar pencarian berbayar ?

Daftar pencarian organik  adalah merupakan hasil utama yang dihasilkan mesin pencari (dalam hal ini Google) ketika seseorang melakukan pencarian. Situs-situs yang muncul / ditampilkan di daftar pencarian organik merupakan situs-situs yang paling relevan dengan kata kunci yang diketikkan di mesin pencari. Dan situs-situs tersebut dapat muncul di halaman depan Google biasanya karena para Webmaster situs-situs tersebut telah menerapkan taktik SEO sehingga situs mereka masuk ke peringkat atas hasil pencarian Google.

Selain daftar pencarian organik, biasanya muncul juga daftar situs lain di dalam kotak dengan tulisan “iklan” atau “ad” atau “disponsori” atau lainnya yang letaknya bisa di bagian atas, bagian kanan, ataupun di bagian bawah dari daftar pencarian organik. Daftar inilah yang dimaksud sebagai daftar pencarian berbayar. Pemilik web yang situsnya masuk di daftar ini membayar sejumlah biaya iklan agar situsnya bisa ditampilkan di daftar pencarian berbayar. Metode yang digunakan biaasnya adalah PPC (Pay Per Click), dimana pemilik website hanya akan membayar jika seseorang meng-klik iklannya (yang ditampilkan di daftar pencarian berbayar tersebut.

Memperoleh peringkat di daftar pencarian organik dalam hal ini penggunaan teknis SEO memang membutuhkan waktu dan biaya. Namun jika dilihat dalam jangka panjang, biasanya penerapan SEO ini akan menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan PPC.

Apakah optimasi on-page itu?

Tadi sempat disinggung mengenai Optimasi on-page. Optimasi on-page merupakan optimasi yang dilakukan pada situs itu sendiri guna meningkatkan peringkat di mesin pencari. Beberapa hal yang termasuk dalam teknik optimasi on-page diantaranya adalah :

  • Membuat konten seputar kata kunci tertentu
  • Merancang situs sedemikian rupa sehingga kata kunci paling penting lebih ditekankan dan muncul di halaman atas.
  • Memasukkan kata kunci yang ditarget ke dalam meta tag
  • Memasukkan kata kunci yang ditarget ke menu navigasi dan link lainnya.
  • Menggunakan kata kunci pada bagian lain dari situs, misalnya saja pada judul halaman, nama file gambar, dll.
  • Menggunakan kata kunci lain yang terkait dengan kata kunci utama
  • dll.

Lantas apa yang dimaksud dengan Optimasi off-page?

Optimasi of-page merupakan optimasi yang mengacu pada hal-hal yang dilakukan di luar halaman web atau situs kita sendiri guna meningkatkan peringkat pada mesin pencari.

Ringkasnya mengenai Optimasi off-page ini adalah mengenai “mencari Backlink” atau “Dapatkan backlink lebih banyak lagi ke situs kita”.

Seberapa cepat saya dapat melihat hasil penerapan teknik SEO?

Jika anda mentarget suatu kata kunci panjang (Long Tail Key Word), maka mungkin anda akan dapat melihat hasilnya dengan cukup cepat. Namun yang perlu diingat, SEO merupakan strategi jangka panjang. SEO bukanlah merupakan suatu hal yang sekali setting dan selanjutnya lupakan 🙂

Jika anda mentarget suatu kata kunci yang kompetitif, maka anda perlu untuk mempersiapkan diri dan berkomitmen untuk konsisten setidaknya dalam jangka waktu tiga bulan.

Lantas apakah sebaiknya saya juga fokus meningkatkan konten saya sendiri di situs lain?

Ya, tapi mari kita lihat sejenak. Ketika anda berfokus pada situs lain dalam hal ini situs pihak ketiga, maka anda tidak memiliki akses penuh untuk mengendalikan situs pihak ketiga tersebut. Jadi, alangkah baiknya jika anda lebih memberikan porsi lebih besar untuk fokus dalam meningkatkan peringkat situs anda sendiri.

Namun anda dapat memanfaatkan peringkat situs pihak ketiga yang tinggi dengan memposting konten yang telah di-Optimasi pada situs pihak ketiga tersebut dan kemudian anda masukkan link yang menuju ke situs anda sendiri. Anda dapat memperoleh manfaat ganda dari sini, karena selain anda mendapatkan backlink yang sangat berguna bagi SEO website anda, anda juga akan memperoleh traffic dari orang-orang yang mengklik situs utama anda.

One Response to Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

  1. Thio Andhika says:

    wah keren artikelny , lumayan rinci jg. makasih ya buat infonya. sukses teruss.
    mampir jg ke Pemrograman seru siapa tau bisa nambah ilmu & bisa sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *