Mengapa Perlu “Read More” di Blogger anda ?

Jika anda pengguna layanan blogger, anda tentu tahu bahwa tampilan default dari blogger pada halaman depan akan menampilkan sejumlah artikel kita dengan ditampilkan secara komplit. Hal ini disebabkan karena di blogger memang belum ada fasilitas yang dapat langsung memotong artikel sehingga yang ditampilkan di bagian depan hanyalah merupakan summary-nya saja. Padahal fasilitas seperti itu menurut saya sangat penting. Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut.

Dengan mengaplikasikan fasilitas pemenggalan artikel atau selanjutnya kita sebut fasilitas “Read More” (karena biasanya ada tulisan “Read More” di ujung summary artikel 🙂 ), maka kita akan mendapatkan beberapa keuntungan :

1. Akan menghindari dari terjadinya “Duplicate Content” pada Google, yang menjadi Search Engine favorit kita.. 😉

2. Akan menjadikan blog kita lebih cepat ditampilkan (di-load). Karena berarti jumlah yang harus di-load akan lebih sedikit.

3. Alasan kedua juga berarti kerja server akan lebih cepat.

4. Karena tampil dengan ukuran yang lebih pendek, tentunya akan menyenangkan pengunjung blog. Karena tidak semua pengunjung memiliki akses internet yang cepat,sehingga mereka tentunya lebih senang karena dapat memilih lebih dulu artikel mana yang lebih mereka inginkan tanpa membebani koneksi internet mereka.

5. Dengan tampilan summary pada bagian depan blog kita, tentunya membuat tampilan blog kita lebih cantik bukan ? (memang untuk yang ini masih bersifat relatif sih.. 😉 )

Meskipun blogger belum menyertakan fasilitas Read More ini sebagai fasilitas default mereka, namun bukan berarti fasilitas ini tidak bisa digunakan. Dengan melakukan sedikit hack pada blog anda, maka anda dapat menggunakan fasilitas Read More ini.

Pada kesempatan ini saya tidak (atau belum) menerangkan mengenai cara membuat Read More pada blogger. Namun anda akan dapat menemukan banyak cara membuat fasilitas tersebut jika anda mau meng-googling barang sebentar dua bentar.
Tapi sebagai panduan, saya sudah membuat list beberapa alamat web page yang memuat cara untuk membuat fasilitas Read More di Blogger. Anda dapat membacanya di artikel “Link Cara Membuat Read More di Blogger“.
(ide artikel dari Jackbook.com)

http://www.ocidbrass.com

One Response to Mengapa Perlu “Read More” di Blogger anda ?

  1. Nanang says:

    O gitu ya… dicoba dulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *