(Mengapa) Membuat Toko Online dengan Opencart

Pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan beberapa tutorial sederhana mengenai cara membuat sebuat toko online / e-commerce dengan cara yang simple sehingga anda yang berkeinginan membuat sebuah toko online dapat membuat sendiri toko online anda tanpa harus membayar jasa pembuatan toko online yang mungkin akan memakan biaya.
Cara ini sangat sederhana, karena disini saya akan menggunakan satu CMS yang memang dibuat khusus untuk keperluan toko online. 
Tanpa anda diharuskan memahami bahasa program tingkat ahli, maka anda akan dapat membuat suatu toko online yang sangat profesional dan tidak kalah dengan toko online yang dibuat oleh para jasa pembuatan toko online.
Untuk ini, saya akan menggunakan suatu CMS yang bernama Opencart. Mengapa Opencart? Ada banyak alasan mengapa pilihan saya jatuh ke Opencart. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah :

1. Opencart merupakan CMS e-commerce yang simple dan mudah dicustomisasi. Kemudahan tersebut sangat terasa dari mulai proses instalasi, modifikasi tema / tampilan, organisasi produk, sampai proses jual beli barang.
2. Opencart sangat ringan. Ini sangat menguntungkan, karena tentunya toko online kita akan gampang dan cepat untuk diakses.
3. Opencart sudah mendukung SEO. Url di Opencart bisa dimodifikasi sehingga lebih Search Engine Friendly (SEF).
4. Administrasi yang simple. Salah satu kelebihan Opencart adalah secara default dia sudah memiliki fasilitas “Guest Checkout”, dimana pembeli tidak harus mendaftar untuk dapat berbelanja. Ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi pembeli sehingga diharapkan proses penjualan lebih banyak terjadi.
5. Fitur komplit. Diantaranya adalah adanya gambar tambahan, produk yang terkait, serta review produk oleh customer.
6. Dukungan komunitas. Ini salah satunya yang paling penting. Opencart bersifat Open Source sehingga siapapun bisa mengembangkannya. Dengan adanya komunitas, maka kita tidak sendirian jika kita memiliki masalah. Kita memiliki teman-teman yang setiap saat dapat kita jadikan masukan untuk menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi.
Dan masih banyak kelebihan-kelebihan lainnya…
Oke untuk pembukaan rasanya cukup dulu. Di artikel selanjutnya Insya Alloh kita akan mulai membahas bagaimana langkah-langkah yang kita lakukan untuk membangun suatu toko online dengan menggunakan Opencart.
http://www.ocidbrass.com

3 Responses to (Mengapa) Membuat Toko Online dengan Opencart

  1. tokodaddy says:

    Itu alasan kenapa kami menggunakan opencart. Artikel yang bagus Gan.

  2. Ocid says:

    makasih Gan…
    Semoga laris tokonya ya….

  3. Artikel yang menarik

    Tutorial Opencart silahkan kunjungi http://www.digtuts.com/opencart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *