Mempercepat Proses Innovasi dengan Metode TRIZ

Mempercepat Innovasi dengan TRIZPada masa sekarang ini, perubahan atau evolusi ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan sedemikian pesatnya. Semuanya berlomba-lomba untuk menghasilkan suatu produk yang dapat meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik dan lebih nyaman. Di bidang teknologi, sudah banyak terdapat berbagai macam tool-tool yang dapat digunakan dalam rancang bangun teknologi baik itu berupa software CAD-CAE, ataupun juga sumber-sumber ilmu pengetahuan elektronik berupa internet yang kesemuanya itu dapat mempermudah kita dalam menemukan data atau informasi yang diperlukan dan diinginkan.

Dengan segala peralatan dan alat bantu yang tersedia tersebut, lantas apa yang dapat kita lakukan untuk menciptakan suatu produk atau suatu solusi atas suatu permasalahan dengan sesuatu yang bersifat perubahan radikal? Bagaimana kita mampu melahirkan dan mewujudkan ide-ide yang ada supaya dapat diaplikasikan? Bagaimana pula kita dapat memprediksi arah perkembangan produk dan teknologi di masa yang akan datang?

Untuk menghadapi situasi seperti hal tersebut tadi, maka apakah ada suatu metode atau alat yang dapat digunakan untuk membantu ?

Ternyata, metode yang paling umum digunakan pada kondisi semacam itu adalah dengan mengandalkan ribuan kali percobaan dimana dari ribuan kali percobaan tersebut diharapkan akan diperoleh suatu hasil yang sesuai dengan yang kita harapkan. Metode ini biasa kita kenal dengan istilah “Trial dan Error”. Namun pernahkan terbayang oleh kita bahwa ribuan percobaan yang dilakukan tersebut akan memakan banyak sekali biaya, waktu, dan sumber daya manusia yang diperlukan?

Apakah tidak ada cara atau metode lain yang bisa membuat jalan pintas sehingga untuk menemukan solusi terbaik, kita tidak perlu sampai membuang sekian banyak sumber daya yang ada?

Untungnya, ternyata jawaban dari pertanyaan tersebut adalah “YA”.

Proses Innovasi dengan menghindari dari ribuan percobaan dan kesalahan yang mahal ternyata telah ditemukan. Metode tersebut adalah TRIZ. Dengan metode TRIZ, proses innovasi dapat dilakukan dengan waktu yang lebih cepat dan dana yang lebih efisien.

Metode TRIZ yang dikembangkan pertama kali oleh Genrich Altshuller ini telah diakui dan diterapkan di berbagai perusahaan skala Internasional seperti Hitachi, Mitsubishi, Motorola, NASA, Procter & Gamble, Philips, Samsung, Siemens, serta berbagai perusahaan lainnya baik itu yang berskala internasional maupun local.

Lantas seperti apakah metode TRIZ tersebut? Kita akan bahas lebih lanjut mengenai TRIZ ini di artikel selanjutnya.

(sumber : Valeri Souchkov – Accelerate Innovation with TRIZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *