Membandingkan Harga Laptop di Internet

Kalau anda pernah membaca artikel saya yang pakai judul Siapa bilang Pake Linux Itu Gampang ? anda pasti tahu kalo salah satu alasan saya membeli Laptop tanpa OS supaya dana terbatas yang saya miliki bisa memboyong Laptop dengan spesifikasi yang semaksimal mungkin.

Memang bicara mengenai harga Laptop sangat bervariasi. Bukan saja masalah ada OS ataupun tidak ada OS yang sangat pengaruh ke harga Laptop sebagaimana cerita saya tadi, spesifikasi pun ternyata tidak seragam lho…padahal untuk Laptop dengan Brand yang sama dan Tipe yang sama. Ambillah contoh misalnya Laptop dengan merk Dell dengan tipe misalnya Vostro 1400. Ternyata setelah saya coba search di internet banyak dijumpai Laptop Dell Vostro 1400 dengan harga yang sangat beragam, yang range harganya bisa mencapai puluhan Dollar. Kok bisa gitu ? Karena ternyata meskipun dicap dengan tipe yang sama, Manufacturer Laptop tersebut ternyata mengisi Laptop tersebut dengan spec komponen yang berbeda.

Kalo sudah lha bagaimana caranya kita menentukan spec. paling optimal untuk dana yang kita punyai ?

Sebenarnya ada solusi untuk itu. Apalagi solusinya selain melakukan perbandingan harga. Di Bhinneka.com kita bisa melakukan perbandingan antara Laptop yang satu dengan yang lain. Hanya saja sayangnya yang kita bandingkan adalah sesama Produk yang dijual oleh situs tersebut, sehingga kita hanya bisa membandingkannya antara Tipe yang satu dengan tipe yang lain. Padahal kadang kala kita sudah punya acuan keinginan terhadap tipe tertentu. Yang ingin kita bandingkan adalah harga di tempat yang satu dengan harga di tempat yang lain.

Untuk hal itu alternatif lainnya, kita bisa melakukan perbandingan di Shopwiki. Disini kita bisa melakukan beberapa perbandingan mengenai suatu produk dari beberapa toko online. Contoh ketika saya masukkan kata “Laptop Dell Vostro 1400” maka shopwiki akan menunjukkan ada kurang lebih 90 toko yang menyediakan Laptop Dell Vostro 1400 (saat mencoba dilakukan tanggal 15 oktober 2008). Ketika kita masuk lebih dalam ke halaman showiki tersebut, maka akan ditampilkan list Laptop yang tersedia lengkap dengan harga masing-masing toko.

Hanya saja bukan berarti ini tanpa kekurangan. Pada hasil yang ditampilkan, ternyata masih terdapat beberapa item yang bukan merupakan produk yang dicari. Misalnya saja di halaman hasil pencarian diatas, masih menampilkan produk lainnya semisal battere, Wireless Modem, dll yang tentunya sedikit mengganggu kita yang hanya ingin membandingkan Laptopnya saja.
Masalah lainnya adalah situs yang ditampilkan biasanya adalah situs toko di luar negeri, sehingga saya sendiri kurang mengetahui apakah user di Indonesia bisa memanfaatkan layanan ini dengan maksimal.

http://www.ocidbrass.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *