Kisah Perjalanan Kolumbus – Keteguhan Akan Suatu Keyakinan

Kristoforus Kolumbus (kadang ditulis Christopher Columbus) tercatat dalam sejarah sebagai seorang pelaut yang handal. Kolumbus pada masa hidupnya pernah mengungkapkan teori yang dianggap baru pada waktu itu, yaitu bahwa bumi bulat.

Teori tersebut jelas bertentangan dengan kepercayaan pada masa itu, yang percaya bahwa bumi itu datar seperti piring atau seperti papan catur. Dia dilahirkan di Genoa, Italia tahun 1451. Setelah dewasa, dia menjadi nahkoda kapal dan navigator yang cekatan. Kolumbus dikenal sebagai seorang penjelajah dan pedagang.

Pada masa itu, ada kebutuhan mencari jalan dari Eropa menuju ke Timur. Kolumbus yakin, bukan mustahil menemukan jalan yang lebih praktis ke daerah Asia di Timur, yaitu dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudara Atlantik. Kolumbus tekun untuk mewujudkan tekad tersebut. Niatnya sangan besar, tapi terkendala biaya tinggi. Untuk itu, Kolumbus gigih membunjuk Ratu Isabella I agar menyediakan dana untuk ekspedisi tersebut.

Akhirnya kapal mereka melepas sauh di Pelabuhan Paulus Spanyol, 3 Agustus 1492. Melabuh pertama di Kepulauan Canary, lepas pantai Afrika. Berlanjut tanggal 6 September dengan berlayar ke arah barat. Sebuah pelayaran yang sangat panjang dan pemikiran apakah akan selamat? Tidak aneh jpika banyak awak kapal yang merasa ngeri dan ingin balik saja. Tapi tidak dengan Kolumbus. Dia kukuh perjalanan mesti diteruskan, sekali layar terkembang pantang digulung.

Bersama 120 pelaut lainnya, dengan menggunakan tiga kapal, setelah berlayar selama 30 hari, akhirnya bertemu dengan daratan yang mereka sangka India. Ternyata daratan yang dilabiho Kolumbus dan rombongannya adalah Kepulauan Salvador yang terletak di Benua Amerika. Tanpa disadarinya, Kolumbus telah menemukan benua baru, yaitu Benua Amerika. Walau banyak disebut bahwa Kolumbus bukanlah orang pertama yang tiba di Amerika, karena ada beberapa teori lain, termasuk sudah dijelajahi bangsa Viking jauh sebelumnya.

Kolumbus memimpin perjalanan dalam suatu masa dimana konsep berpikir bahwa bumi itu dataran maha luas. Orang-orang meyakini bahwa lautan yang maha luas tersebut memiliki ujung batas sehingga setiap kapal yang mencoba berlayar mengarungi hingga ke tepian ujung laut, kapal itu akan tenggelam hingga jatuh ke dasar samudera yang sangat dalam.

Kolumbus berlayar dalam situasi seperti ini. Dia ditentang oleh banyak orang termasuk keluarganya. Ada yang menganggapnya gila. Tapi setelah penemuan benua baru tersebut, Kolumbus menjadi sangat terkenal dan diagung-agungkan oleh raja dan seluruh rakyat. Kolumbus diangkat menjadi bangsawan kehormatan kerajaan. Hasil dari suatu keteguhan memperjuangkan sebuah keyakinan.

Penulis : ulbrits.siahaan @ component.astra.co.id

http://www.ocidbrass.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *