Ketika Setting Custom Domain di Blogger Mengalami Error

Proses penggantian alamat domain dengan custom domain ternyata tidak selamanya dapat berjalan mulus.
Setelah sebelumnya saya mengalami kegagalan waktu hendak memasang custom domain di blog ini yang mengakibatkan domain yang sudah saya beli menganggur selama beberapa bulan, ternyata kendala lainnya datang saat.

Ceritanya karena saya pernah gagal menggunakan custom domain, maka saya buat sebuah dummy blog di blogger. Katakanlah namanya pengujian.blogspot.com. Dummy blog ini saya maksudkan untuk ajang pengetesan saya agar custom domain bisa dicoba-coba dipasang tanpa harus menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan ke blog utama.

Sekitar seminggu yang lalu, iseng-iseng saya coba lakukan lagi settingan dengan menggunakan dummy blog ini. Eh tahunya…ternyata berhasil….
Ketika saya ketikkan custom domain saya, yang muncul akhirnya dummy blog tersebut. Padahal biasanya yang muncul adalah pesan error 404 alias halaman blog tidak ditemukan.

Akhirnya saya kembalikan settingan custom domain di dummy blog tersebut. Selanjutnya saya lakukan settingan yang serupa untuk blog ini.
O ow… ternyata muncul pesan error. Bunyinya “Another blog is already hosted at this address“. Duh pusing deh.
Saya coba beberapa cara termasuk dengan mendelete dummy blog yang sebelumnya saya pasang dengan custom domain tersebut. Namun ternyata tidak banyak membantu. Pesan error tetap muncul.

Jurus terakhir akhirnya dikeluarkan…”Googling”….
Ternyata bukan saya saja yang pernah mengalami masalah seperti itu. Banyak juga ternyata yang pernah mengalaminya. Berbekal pengalaman mereka itu akhirnya saya coba otak-atik sampai akhirnya seperti yang anda dapat saksikan bersama-sama. Blog ini sudah menggunakan custom domain tanpa embel-emble blogspot… Duh senengnya…

Mengenai apa yang saya lakukan sehingga akhirnya saya bisa menggunakan custom domain Insya Alloh akan saya coba untuk tuliskan di artikel mendatang. Cuma saya mau sedikit ber-analisa saja. Pesan error yang muncul waktu setting blogger tampaknya akan terjadi pada dua kemungkinan berikut.
1. Jika alamat domain yang akan kita jadikan custom domain pernah digunakan sebagai custom domain pada alamat blog lainnya yang menggunakan layanan blogger.
2. Jika alamat blog kita yang dipasang di blogger pernah kita pakaikan dengan alamat custom domain yang lain (kalo kasus yang kedua ini belum saya alami, tapi saya temukan saat saya googling ke beberapa blog yang ternyata pernah mengalami masalah error yang sama).

http://www.ocidbrass.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *