Kenapa nge-blog dengan Blogger dan bukan WordPress?

Tak disangkal lagi, keberadaan blog atau web log sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan lagi dari dunia internet. Bahkan mungkin hampir sebagian web-web yang berkeliaran di dunia maya ini berbentuk blog disamping tentunya tampilan-tampilan lainnya yang berbentuk portal, forum atau lainnya. Blog menjadi sangat populer karena fungsinya yang bisa menjadi semacam aktualisasi diri, ataupun juga menjadi sarana untuk mencari penghasilan lewat dunia internet.

Berbagai macam layanan penyedia blog tersedia di dunia maya baik yang bersifat gratis maupun yang berbayar. Diantara mereka yang bersifat gratis misalnya adalah blogger, wordpress, blog-city, MSN Live Spaces, dan lainnya. Hanya saja dari sekian banyak itu, rasanya yang paling mendominasi adalah blogger dan wordpress.

Dari kedua penyedia layanan tersebut, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tentunya semua kembali kepada pengguna blog untuk menggunakan layanan mana yang sesuai dengan keinginan mereka.

Saya sendiri lebih memilih menggunakan blogger dibandingkan dengan wordpress (tentunya wordpress yang gratis ya.. bukan yang berbayar). Ada beberapa alasan kenapa saya lebih memilih layanan blogger dibanding dengan layanan wordpress yaitu :

  1. Fitur dan Customization
    Secara fitur meskipun menurut saya masih kalah dibanding wordpress, blogger juga sudah mulai nyaman. Meskipun dibeberapa tempat mesti melakukan hack manual jika ingin supaya fitur yang diinginkan terpenuhi, tapi setidaknya fitur-fitur penting dasar yang saya perlukan bisa terpenuhi.
  2. Gratis
    Sebenarnya blogger dan wordpress.com sama-sama gratis. Namun sayang untuk wordpress, fasilitas gratis yang didapat harus dibayar dengan dibatasinya beberapa hal yang justru menurut saya diperlukan, misalnya kebebasan memasang widget, plugin, dll. Sedangkan di blogger sejauh ini yang saya rasakan masih cukup bebas untuk bereksperimen.
  3. Pasang iklan
    Tak dipungkiri, orang tentu ingin agar kegiatan ng-blognya kalau bisa tidak sekedar menjadi hobby belaka. Kalau bisa tentunya kita juga ingin agar kegiatan nge-blog kita dapat menghasilkan uang. Untuk itu, pemasangan iklan semacam adsense dan sebagainya sudah menjadi keniscayaan yang harus dapat dilakukan agar blog kita dapat menghasilkan uang. Sayangnya fasilitas ini tidak anda dapatkan jika anda menggunakan layanan blog di wordpress.com.
  4. Bandwith & Hosting
    Sebenarnya kelebihan ini sama-sama dimiliki oleh blogger dan wordpress (kecuali wordpress dengan hosting sendiri tentunya). Dengan menggunakan layanan mereka, maka kita tidak perlu dipusingkan oleh keterbatasan bandwith dan hosting yang kita miliki. Boleh dibilang, bandwith dan hosting yang kita miliki tak terbatas (unlimited).
  5. Security / Keamanan
    Kita tentunya tidak perlu dipusingkan untuk mensetting agar blog kita aman dari tangan-tangan jahil orang. Kita juga tidak perlu dipusingkan dengan keharusan meng-update program kita demi menjaga bolong-bolong security yang mungkin sudah ditemukan oleh para cracker. Yah minimal, misal saya menggunakan layanan blogger, Kalau memang para cracker itu berniat menjebol blog kita, mereka tentunya harus berhadapan dulu dengan tingkat keamanan yang dipasang oleh om Google untuk keamanan layan mereka.

Demikian beberapa alasan mengapa saya menggunakan layanan blogger. Mungkin diantara anda ada yang memiliki pandangan sama ataupun pandangan yang berbeda ? Semuanya kembali ke masing-masing. Tentunya kebutuhan tiap orang akan berbeda bukan ? Mungkin dari anda ada yang mau menambahkan ?

http://www.ocidbrass.com

10 Responses to Kenapa nge-blog dengan Blogger dan bukan WordPress?

  1. Lyla says:

    kalo menurut saya dengan blogger lebih mudah tapi saya pengin juga sih nyoba pake wordpress tp blm berniat pindah 🙂

  2. ocidbrass says:

    He… pendapat saya itu setelah saya coba-coba kok mbak….
    Waktu itu untuk portal saya cobain Joomla, Mambo (ini sih sama kayak Joomla), sama Drupal.
    Kalo untuk blog saya baru cobain WordPress (yang berbayar), Serendipity, sama Blogger.
    Akhirnya saya putusin pake Blogger dengan pertimbangan di atas 😉

  3. kalau saya milih pake dua2nya.. sebenarnya saat saya bangun blog saya yg wahyu-triwidhiyanto.blogspot.com terus saya custom domain http://www.badoer.com. hingga akhirnya sekarang pake di hosting sendiri lebih karena saya ingin pake secara penuh, kalo masih ikutan blogspot saya takut di banned lagi, seperi blog saya yang dulu.. makanya saya milih pake hosting sendiri..

  4. ocid says:

    @om Wahyu (badoer)
    Lho emangnya waktu dulu blognya kenapa mas ? Kok sampe dibanned gitu ? Bagi-bagi pengalamannya donk, biar bisa dihindari…

  5. syilpid says:

    bener banget….

    tadinya sih mau pindah ke wordpress karena komen boxnya yg simple

    tapi karena blogger juga bisa ya udah deh setia kepadanya 😀

  6. Agung says:

    Sebenernya semua bergantung dari kebiasaan
    bagi yang sering pengguna wordpress mungkin dia bilang wordpress bagus, begitu juga yang sering menggunakan blogger.

  7. ocid says:

    @syilpid, semoga kedepan feature blogger semakin komplit ya….

    @Agung, setuju kok…artikel ini bukan berarti saya anti WordPress lho…pembandingnya hanya antara dua penyedia jasa blog yang gratis.

  8. ya, klo suka ga suka itu urusan masing-masing dech… klo aku masih tetep setia ama blogger, dan blogger udah terbukti paling TOP 100 jempol dech buat blogger….

  9. maoels says:

    Justru aq pindah dari wordpress, gag tau kenapa kalo buka blog wordpress di kantor pasti loadingnya lama banget bahkan bisa pake mandi dulu tuh waktu loading… klo buka blog blogger siy cepet, makanya demi menyebar ilmu gw pindah ke blogger,,, lagian cepet… hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *