GRAMPS – Program Untuk Menyusun Silsilah Keluarga

Pernahkah anda terpikirkan untuk mencoba menyusun garis keturunan keluarga ? Pernahkan anda terbayangkan bagaimana anda harus menyusun silsilah keluarga tersebut agar hasil penyusunan tersebut dapat tersusun dengan rapi dan mudah untuk dibaca ? Anda mungkin dapat menggunakan program office sederhana untuk menyusun hal tersebut. Tapi pernahkah terbayang keruwetan yang terjadi seandainya anda perlu menyisipkan atau ingin menambah data tambahan pada daftar orang-orang yang telah anda susun ?

Untungnya sekarang ini ada sebuah program yang memang di-desain secara khusus untuk menangani urusan penyusunan silsilah keluarga (genealogy). Program tersebut bernama GRAMPS (Genealogical Research and Analysis Mangement Programming System). Dan kabar baik lainnya, program tersebut dapat anda peroleh secara gratis karena sifatnya yang Open Source.

Seperti dijelaskan di situsnya di http://gramps-project.org, GRAMPS membantu anda untuk menysusn silsilah keluarga. Membantu untuk menyimpan, merubah, dan melakukan penelitian terhadap data silsilah keluarga. Di GRAMPS, anda akan dapat menyusun dan merubah data-data dalam berbagai jenis susunan untuk memudahkan kita melakukan penelitian, analisa, dan mengisi gap jika ada hubungan-hubungan yang hilang.

GRAMPS sendiri dapat bekerja dengan baik dibawah OS Linux, BSD, dan Solaris. Untuk versi Windows sendiri GRAMPS masih bersifat eksperimental.

Untuk mengunduh (download) program GRAMPS serta cara installasi-nya, anda dapat menemukannya disini.
Sedangkan untuk manual & tutorial penggunaannya , dapat anda temukan di sini.

GRAMPS dalam tampilan susunan keluarga
GRAMPS dalam tampilan hubungan keluarga
GRAMPS dalam tampilan silsilah keluarga
http://www.ocidbrass.com

One Response to GRAMPS – Program Untuk Menyusun Silsilah Keluarga

  1. Terima kasih link downloadnya…
    Sangat berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *