Google Doodle – Wujud Apresiasi Google


Jika waktu itu saya menulis artikel mengenai Google yang berulangtahun yang ke-10, hal itu disebabkan karena saya “diingatkan” oleh Google mengenai peristiwa tersebut.

Wah hebat donk sampe diingatkan…

Sebenarnya bukan diingatkan secara pribadi dari Google ke saya, tapi Google memang mengingatkan hal tersebut kepada semua orang yang mengakses Google pada waktu itu.

Bagaimana caranya ?

Caranya waktu itu Google memasang Doodle Google Birthday untuk menggantikan Logo Google standard yang akan muncul setiap kali kita mengakses Google.

Lantas Google Doodle itu sendiri apa sih ?

Kembali ke cerita awalnya.

Google telah memiliki beberapa logo sejak penggantian namanya dari yang sebelumnya dikenal dengan nama “Backrub“. Logo Google yang sekarang sendiri dirancang oleh Ruth Kedar. Namun disamping logo resmi tersebut, perusahaan Google juga mempunyai berbagai macam variasi modifikasi dari logo mereka yang biasa mereka gunakan dalam momen-momen liburan, ulang tahun dari orang-orang terkenal, dan juga momen-momen besar misalnya saja Olimpiade. Logo-logo spesial tersebut dirancang oleh seorang bernama Dennis Hwang, dan selanjutnya logo-logo spesial tersebut lebih dikenal dengan nama Google Doodle.

Google Doodle pertama kali diperkenalkan saat berlangsungnya suatu acara bernama “Burning Man Festival” pada tahun 1998. Doodle pertama tersebut dirancang Larry Page dan Sergey Brin untuk memberitahukan para pengguna Google akan ketidak hadiran mereka untuk mengelola Google dikarenakan mereka ikut serta dalam acara festival tersebut. Selanjutnya Larry dan Sergey meminta Dennis Hwang untuk mendesain Doodle dalam rangka Bastile Day pada tahun 2000. Selanjutnya Hwang mendesain Google Doodle sampai sekarang.

Beberapa orang yang hari kelahirannya pernah dirayakan dengan pemasangan Google Doodle diantaranya adalah Albert Einstein, Leonardo Da Vinci, Louis Braille, dan masih ada nama-nama lainnya lagi.

Berikut ini beberapa Google Doodle yang pernah dipasang oleh Google.
Untuk Doodle-Doodle lainya bisa anda lihat di halaman Google Doodle.


http://www.ocidbrass.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *