Beberapa Istilah Dalam SEO

Optimasi Mesin PencariSEO: Merupakan singkatan dari “Search Enginge Optimization“. SEO mengacu pada Optimasi Mesin Pencari, yang merupakan praktek menggunakan faktor optimasi on-page dan optimasi off-page untuk meningkatkan peringkat halaman web anda di mesin pencari.

SERP: Singkatan dari “Search Engine Result Page”. Mengacu pada halaman hasil pencarian mesin pencari. Ketika pengguna memasukkan query atau kata kunci ke mesin pencari, hasil tersebut disebut SERPs. Anda juga dapat merujuk ke halaman tertentu dari SERPs.

Sebagai contoh: “Website saya adalah di halaman 3 dari SERPs untuk kata kunci saya – bagaimana cara mendapatkannya untuk Halaman 1 dari SERPs?”

Spider / Crawler: Ini adalah robot (bot) atau program komputer yang si mesin pencari dan direktori kirimkan untuk menemukan dan mengindeks web. Anda dapat memeriksa log lalu lintas Anda untuk menemukan kapan dan seberapa sering berbagai spider / bot / crawler mengunjungi situs Anda.

Backlink: Ini adalah link masuk (inbound link) yang menunjuk ke halaman web Anda. Search engine lebih memilih untuk melihat backlink satu arah – one way backlinks (bukan link timbal balik – reciprocal backlinks) yang berasal dari situs berkualitas tinggi dan situs yang relevan.

Anchor Text: Bila Anda membuat link, jangkar teks (anchor text) ini adalah bagian dari link yang diklik. Untuk tujuan SEO, Anda harus menggunakan kata kunci yang Anda pilih sebagai jangkar teks Anda.

LSI: yaitu “Latent Semantic Indexing”, yang merupakan cara untuk menganalisis konten untuk melihat apakah suatu konten berhubungan dengan halaman lain yang terkait. Sebagai contoh, jika ada halaman tentang “keselamatan berenang”, anda mungkin akan melihat kata kunci-kata kunci lainnya seperti “air” dan “berenang”. Kata-kata tersebut berbeda, namunĀ  analisa LSI akan mengatakan bahwa kata-kata tersebut saling berkaitan.

Google menggunakan LSI untuk membantu memunculkan hasil terbaik dari mesin pencari. Dengan demikian, pastikan untuk menggunakan kata-kata yang berhubungan pada halaman Anda sendiri. Sebagai contoh, jika halaman Anda adalah tentang ayam, kemudian gunakan kata-kata: ayam jago, unggas, telur, atau kata-kata lainnya yang berkaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *