Apt-Get Pada Ubuntu – bag.2 (Maintenance & Removal Commands)

Sambungan dari Artikel “Apt-Get Pada Ubuntu – bag.1 (Introduction & Installation Commands)

Maintenance Commands (Perintah Pemeliharaan)

apt-get update
Jalankan perintah ini setelah merubah /etc/apt/sources.list atau /etc/apt/preferences. Jalankan perintah ini secara periodic untuk memastikan source list anda dalam keadaan ter-update. Perintah ini mirip dengan “reload” pada Synaptic atau “fetch updates” pada adept.

apt-get upgrade
Perintah ini akan meng-upgrade semua paket yang terinstall. Perintah ini mirip dengan “mark all upgrades” pada Synaptic.

apt-get dist-upgrade
Perintah ini untuk meng-upgrade keseluruhan system ke release yang terbaru. Mirip dengan perintah diatas kecuali menambahkan kotak pilihan “smart upgrade”. Ini akan memberitahukan APT untuk menggunakan “smart” conflict resolution system, dan akan berusaha untuk meng-upgrade paket yang paling penting terlebih dahulu sebelum paket yang kurang penting jika diperlukan. Namun cara ini tidak dianjurkan untuk meng-upgrade suatu distro. Untuk upgrade distro, sebaiknya mengikuti cara upgrade yang disarankan oleh masing-masing distro tersebut.

apt-get check
Perintah ini adalah suatu tool diagnosa. Merupakan suatu update dari daftar paket dan mengecek jika terdapat dependencies yang rusak.

apt-get -f install
Perintah ini melakukan hal yang sama dengan menu Edit > Fix Broken Packages pada Synaptic. Jalankan perintah ini jika anda mendapatkan pesan pada paket “unmet dependences”

apt-get autoclean
Perintah ini akan menghapus file berekstensi “.deb” pada paket yang tidak diinstall lagi pada system. Tergantung pada kebiasaan anda menginstall, menghapus file-file ini dari /var/cache/apt/archives dapat mengkosongkan lagi ruangan pada Hard Disk dengan cukup signifikan.

apt-get clean
Sama dengan perintah diatas, kecuali bahwa ini akan menghapus semua paket dari package cache. Ini mungkin kurang cocok jika anda mempunyai koneksi internet yang lambat, karena akan menyebabkan anda perlu untuk mendownload ulang paket-paket yang perlu diinstall pada saat anda menginstall suatu pogram.
Package cache terdapat di /var/cache/apt/archives
Perintah “du -sh /var/cache/apt/archives” akan memberitahukan kepada anda berapa besar cached packages yang digunakan.

dpkg-reconfigure [package_name]
Merekonfigurasi paket yang telah dinamai. Dengan banyak paket, anda akan dihadapkan pada beberapa pertanyaan konfigurasi yang mungkin anda sendiri tidak perlu untuk mengetahuinya.
Contoh : dpkg-reconfigure fontconfig-config
Akan menampilkan pada anda wizard / penuntun untuk mengkonfigurasi fonts (huruf) pada Ubuntu.

echo “[package_name] hold” | dpkg –set-selections
Perintah ini akan menyebabkan paket yang dimaksud untuk ditahan. Ini memiliki fungsi yang sama dengan “Package > Lock Version” pada Synaptic
Perintah ini mempunyai efek samping yaitu mencegah upgrade pada paket yang bergantung pada versi paket yang ditandai. “apt-get dist-upgrade” akan menimpa / menggantikan perintah ini dengan peringatan terlebih dahulu. Jika anda ingin menggunakan perintah ini dengan sudo, maka anda perlu menggunakan :
echo “[package_name] hold” | sudo dpkg –set-selections dan bukan
sudo echo “[package_name] hold” | dpkg –set-selections.

echo “ install” | dpkg –set-selections
Perintah ini akan menghapus “hold” atau “locked package” yang dipasang dengan menggunakan perintah di atas. Catatan mengenai penggunaan sudo seperti di atas juga berlaku pada perintah ini.

Removal Commands (Perintah Penghapusan)
apt-get remove [package_name]
Perintah ini akan menghapus paket yang ter-install, meninggalkan file konfigurasi dalam keadaan utuh.

apt-get purge [package_name]
Perintah ini akan menghapus paket yang ter-install dan file konfigurasi yang berhubungan dengannya. File konfigurasi yang terdapat pada ~ biasanya tidak akan terpengaruh oleh perintah ini.
+ operator
Jika ingin menghapus paket1 dan menginstall paket2 dalam satu langkah, maka dapat menggunakan perintah berikut :
apt-get purge remove [package1] [package2]+

apt-get autoremove
Perintah ini akan menghapus paket yang ter-install oleh paket lainnya dan tidak dibutuhkan lagi.
apt-get autoremove [package_name]
Perintah ini akan menghapus paket yang terinstall berikut dengan depedency-nyaBersambung ke Artikel “Apt-Get Pada Ubuntu – bag.3 (Search Commands)

http://www.ocidbrass.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *