Apt-Get Pada Ubuntu – bag.1 (Introduction & Installation Commands)

Pengenalan APT
“Pada mulanya yang ada hanyalah Tar.gz. User harus mengkompilasi setiap program yang mereka ingin mereka gunakan di GNU / Linux systems. Ketika Debian telah dibuat, kemudian dianggap perlu bahwa suatu system yang termasuk juga metode pengelolaan paket-nya terinstal pada mesin (computer). Nama “dpkg” diberikan kepada sistem ini, dan dikenal sebagai “paket pertama pada GNU / Linux”, karena sementara itu Red Hat sendiri belum memutuskan untuk membuat system “rpm” mereka sendiri.

Dilema baru kemudian menjadi pemikiran dari pembuat GNU / Linux. Mereka memerlukan suatu cara yang cepat, praktis, dan efisien untuk menginstal paket-paket yang akan mengatur secara otomatis dependensi dan kemudian mengelola konfigurasinya pada saat melakukan upgrade. Disini, Debian kembali memimpin dengan lahirnya APT (Advanced Packaging Tool) suatu tool untuk paket yang lebih canggih, yang juga digunakan oleh Conectiva untuk digunakan dengan rpm dan telah diadopsi oleh beberapa Distro lainnya. “
( Diambil dari APT HOWTO – Debian )

Commands (Perintah)
”Semua perintah berikut harus dijalankan sebagai root atau superuser privileges, lihat artikel mengenai sudo untuk melihat informasi lebih lanjut.
Ganti [package_name] dengan nama paket yang akan anda instal.
sudo apt-get install ubuntu-desktop

Installation Commands (Perintah Instalasi)
apt-get install [package_name]
Perintah ini untuk menginstal paket baru.

apt-get build-dep [package_name]
Perintah ini untuk pencarian di repositori dan menginstal dependensi [package_name]. Jika paket tersebut belum ada dalam repositori maka akan error.

aptitude install [package_name]
Aptitude adalah tool untuk melihat paket yang terpasang atau tersedia. Aptitude dapat digunakan dari perintah text (command line) dengan cara yang sama seperti apt-get. Gunakan perintah “man aptitude” untuk melihat informasi lebih jauh mengenai aptitude.

• apt dan aptitude dapat digunakan atu menerima multi paket dengan menambahkan space sebagai pembatas daftar. Sebagai contoh:
apt-get install [package1_name] [package2_name] [package3_name]
Gunakan option “-s” untuk mensimulasikan proses. “Sudo apt-get install-s [package_name]” akan mensimulasikan proses menginstal paket dan menampilkan paket apa yang akan diinstal dan dikonfigurasi.

auto-apt
• auto-apt menjalankan [command_string]
Ketika diminta atau dijalankan, perintah auto-apt secara otomatis akan menginstall paket yang file access-nya hilang. Jika suatu program mencoba untuk mengakses sebuah file yang diketahui milik suatu paket yang tidak diinstall, maka “auto-apt” akan menginstall paket tersebut dengan menggunakan “apt-get”. Fitur ini memerlukan “apt” dan “sudo” agar dapat bekerja.
• “auto-apt” menyimpan database yang harus tetap up-to-date agar bias efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memanggil perintah “auto-apt update”, “auto-apt updatedb” dan “auto-apt update-local”.
• Contoh penggunaan
o Anda mengkompilasi sebuah program dan tiba-tiba terjadi error karena file yang dibutuhkan ternyata tidak ada. Program “auto-apt update” akan meminta anda untuk menginstal paket yang diperlukan, menghentikan proses yang berjalan dan meneruskannya begitu paket yang diperlukan tersebut telah terinstall.
# auto-apt run ./configure
Ini akan meminta untuk menginstall paket yang dibutuhkan dan memanggil “apt-get” secara otomatis.

Bersambung ke artikel “Apt-Get Pada Ubuntu – bag.2 (Maintenance & Removal Commands)

http://www.ocidbrass.com

3 Responses to Apt-Get Pada Ubuntu – bag.1 (Introduction & Installation Commands)

  1. thom says:

    wah tutorny sangat membantu nih …
    gue transmigran linux -ubuntu hardy; soalny huhuehehehe
    artikel bagus gini kok g da yang komentar sih??
    makasih y bro..

    salam kenal juga,
    thom_

  2. ocid says:

    hueheuheu….bisa aja si om Thom ini…
    sama-sama kok, gw juga kenalan ama ubuntu baru di versi hardy kok…sekarang ke yang intrepid.
    Salam kenal juga 😀

  3. Anonymous says:

    astaga naga .. aseli baru pertama kali pake ubuntu 10.04 .. suuusaaaaah .. aduh tolongin gw donk .. gw uda kemana mana tp ga ad satu situs pun yg mmbahas ap yg gw tanya secara detail .. ga tau ap kl gw tuh bnr2 buta linux ..
    ada 3 ptanyaan gw :
    1. gmn cara install program tapi gw ga ad internet , ga ad cd repotory, gw ulungi, GW GA PUNYA INTERNET DAN GA PUNYA CD REPOTORY .. gw tau solusinya download di internet .. nah uda gw download .. trus di taruh dimana dan di apain ?? (plis kl ad yg bersedia mengajari layaknya menuntun anak kecil yg blm bs jalan.. hohoho)
    2. kl gw pake file hsl download-an tuh yg software source`a musti di otak atik ga ya ?? bagian ATP`a itu sebenernya di pake kalo apa ya ?? ato itu ga ngefek kl gw pake file hsl download-an ??
    3. ini yg terakhr 🙂 ajarin pake efek 3D donk .. compiz .. uda gw download *.deb .. trus gw apain ?? thank before ..
    gw ud mulai putus asa aseli ..
    smoga ad jwbn yg membuat gw kmbali k xp f**ker ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *