Antara OsCommerce, Wp eCommerce, dan Virtuemart (lanjutan)

ecommerceSetelah sebelumnya dibahas mengenai program e-commerce secara umum, maka untuk pembahasan kali ini saya akan coba persempit lagi pembahasannya dengan hanya membahas 3 program e-commerce yang “paling terkenal” saja yaitu oscommerce, virtuemart, dan wp e-commerce. Oscommerce saya anggap mewakili kelompok pertama aca bahasan sebelumnya), sedangkan Virtuemart dan Wp e-commerce saya anggap penting karena fakto Joomla dan WordPress yang boleh dibilang sangat populer di kalangan para pembuat website.

Sebenernya pemilihan program ecommerce yang cocok tidak bisa lepas dari konsep awal kita ingin toko online yang bagaimana ? Jika kita hanya menginginkan toko online semata, maka saya menganggap program oscommerce (ataupun teman-temannya semisal zenchart, prestashop, dll) adalah yang paling cocok. Hal tersebut dengan pertimbangan bahwa oscommerce tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sebuah toko online. Selain itu karena program ini bisa berjalan secara independen tanpa, maka tentunya akan lebih menghemat memory. Kekurangan dari oscommerce yang saya rasakan (subjective nih), adalah saya cukup kesulitan untuk mengkustomisasi. Memang ini bisa dikarenakan basic saya yang bukan IT, sehingga bahkan hanya untuk sekedar menggati theme saja saya mengalami kegagalan 🙁 . Tapi toh saya selama ini tidak mengalami kendala yang berarti kalau bermaksud mengganti theme / template di WordPress dan Joomla. Artinya untuk mengganti theme atau mengkustomisasi oscommerce, maka dibutuhkan pengetahuan bahasa html dan php yang lebih lagi.

Nah jika anda bermaksud membangun toko online tidak semata-mata berdagang atau memajang etalase barang dagangan anda dalam hal ini mungkin anda ingin juga agar toko online anda diisi dengan artikel-artikel, maka menurut saya program ecommerce yang cocok dengan kebutuhan anda adalah dengan menggunakan Virtuemart ataupun Wp ecommerce.

Kenapa ? Karena anda akan mendapatkan tambahan fasilitas yang tidak dimiliki oleh suatu program atau CMS murni untuk ecommerce. Fasilitas itu memang merupakan kelebihan yang dimiliki oleh Joomla maupun WordPress.

WordPress sedari awal memang sudah disiapkan sebagai CMS blog. Demikian pula dengan Joomla yang aslinya merupakan CMS untuk sebuah portal Web. Pembuatan artikel oleh keduanya merupakan sesuatu yang sangat mudah. Keuntungannya menggunakan Virtuemart dan Wp ecommerce adalah toko online anda akan terintegrasi dengan baik dengan artikel-artikel yang ingin anda sampaikan. Jika anda memasang oscommerce misalnya, maka anda tidak akan dapat melakukan itu. Untuk menampilkan artikel, maka anda harus menginstall CMS lainnya semisal WordPress. Pengintegrasian antara keduanya paling hanya dengan membuat salah satunya menjadi subdomain bagi yang lainnya.

Selanjutnya yang mana yang lebih baik antara Virtuemart dan Wp eCommerce ? Ini pertanyaan yang sulit dijawab mengingat factor subjektifitas cukup berperan. Para wordpress mania pasti mengatakan WP ecommerce lebih baik, sedangkan Joomla mania akan mengatakan Virtuemart lebih baik. Saya sendiri akan berusaha untuk berada di tengah-tengah.

Terus terang saya pribadi lebih familiar dengan WordPress ketimbang Joomla. Bagi saya WordPress sangat powerfull dan sederhana untuk membangun sebuah situs blog. Namun untuk penggunaannya sebagai ecommerce, ternyata saya lebih menyukai menggunakan Virtuemart dibandingkan dengan menggunakan wp ecommerce.

Alasan mengenai ini terutama adalah mengenai faktor fleksibilitas. Bagi saya Virtuemart dengan Joomlanya lebih enak dan lebih mudah untuk dikustomisasi secara layout dibandingkan dengan Wp ecommerce dengan WordPress-nya. Mungkin hal itu disebabkan karena Joomla memang dari awal dipersiapkan untuk menjadi suatu Portal Web dan bukan sebagai Blog sebagaimana WordPress. Maka tidak heran, dalam factor kustomisasi layout dan kelengkapan fasilitas, saya pribadi menganggap Virtuemart masih lebih unggul disbanding Wp ecommerce.

Ketika saya mencoba untuk mencari layout / theme / template yang cocok untuk toko online yang saya inginkan, terus terang saja saya cukup kesulitan mencari template yang sesuai jika saya menggunakan wp ecommerce. Berbeda dengan Virtuemart, saya malah kebingungan memilih template yang terbaik karena ternyata cukup banyak template yang memikat bagi saya.

Namun ada juga kekurangan yang saya rasakan ketika menggunakan Virtuemart disbanding Wp ecommerce. Faktor support. Entahlah, namun hal ini saya rasakan ketika saya menemukan masalah atau problem pada saat kustomisasi ataupun lainnya. Saya merasa lebih mudah untuk menemukan pemecahan masalah untuk WordPress dibandingkan dengan jika saya mencari pemecahan masalah untuk Joomla atau Virtuemart. Sering ketika saya mengutak-atik Virtuemart dan menemukan masalah, saya tidak menemukan jawaban yang memuaskan sehingga terpaksa saya cari pemecahannya sendiri yang tentunya memakan waktu lebih banyak.

Update

OsCommerce hanyalah salah satu CMS yang dikhususkan untuk e-commerce. Selain os-commerce, CMS e-commerce lainnya yang cukup banyak peminatnya adalah Prestashop dan Opencart.

Pada beberapa artikel di blog ini, saya akan coba membahas mengenai Opencart. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

http://www.ocidbrass.com

34 Responses to Antara OsCommerce, Wp eCommerce, dan Virtuemart (lanjutan)

  1. bantex says:

    mungkin lebih enak jika perbandingannya di sajikan dalam bentuk tabel, sehingga mudah melihat sisi plus minusnya.

  2. ocid says:

    wah usul bagus mas…. kapan-kapan deh saya usahakan dibikin tabel

  3. waw says:

    kalo saya krn udah terbiasa dg wp… rasanya susah u/ beralih ke yg laen 🙂

  4. Anonymous says:

    keren,,informasinya lengkap,,
    saya termasuk orang yang pelit komen,,
    tapi utk web ini,,saya salut

    terima kasih

  5. ocid says:

    @waw,
    seperti yang saya sampaikan, Faktor utama yang menentukan CMS mana yang paling cocok adalah mau seperti apakah toko online kita nantinya? Dan jawaban pertanyaan ini sangat bervariasi dan subjective.

    @anonymous,
    Wah makasih banyak mas atas apresiasinya. Mendorong saya untuk berbuat lebih baik lagi 🙂
    Yang saya sampaikan ini cuma sekedar tulisan abal-abal dari seorang pemula saja kok, yang saya dapat dari pengalaman saya.

  6. buJaNG says:

    Wuih, jadi pengin ikutan buka toko online…

  7. cah Pati says:

    Punya link yang sudah mengaplikasi OS commerce, WP commerce dan Viertuemart nggak? kalo ada yang dari Indonesia 🙂

  8. Akmal Online says:

    aku jadi terinspirasi unyuk membangun bisnis nih..
    bisnis apa yaa enaknya??

  9. ocid says:

    @cah pati,
    contoh aplikasi masing-masing bisa dilihat di situs utama mereka mas,
    os commerce di : http://shops.oscommerce.com/
    wp ecommerce di : http://www.instinct.co.nz/e-commerce/
    viertuemart di : http://virtuemart.net/index.php?option=com_content&task=view&id=145&Itemid=97

  10. ocid says:

    @akmal, lho mas Akmal sukanya apaan ? Kalo kata Nugie katanya Temukan Lentera Jiwamu – Follow your Passion (http://www.ocidbrass.com/2009/03/lentera-jiwa-follow-your-passion-by.html)

  11. mas punya link untuk theme e-comerse.ngak mas

  12. ocid says:

    e-commerce-nya pake apaan ya ? maksudnya wp e-commerce ?
    Terus terang saya sendiri kesulitan cari theme wordpress yang memang sudah didesain khusus untuk e-commerce (toko online)…terutama yang gratis hehe….Jadi paling-paling modifikasi theme yang ada supaya cocok jadi toko online (belom bisa bikin theme sendiri sih).
    Lain sama virtuemart….banyak banget theme joomla yang didesain buat toko online (cuma kebanyakan berbayar)…apalagi oscommerce…tiap theme buat oscommerce, pasti cocok buat toko online (ya iya lah….masa ya iya donk…)

  13. mas gimana .ada link theme e-comerse?

  14. ocid says:

    Lha mas… saya kan udah jawab di atas… 🙂
    theme e-commerce yang mas mau buat program /CMS apaan ? oscommerce, Joomla, apa WordPress? Atau CMS lainnya ? Soalnya urusan theme ini spesific banget. Theme buat Joomla ya gak bisa dipake buat WordPress dan oscommerce. Begitu juga sebaliknya ?

    Jadi theme e-commerce yang pas mau buat dipake di CMS apa ?

  15. Harun Azis says:

    sangat menarik sekali artikelnya mas! rencana mau buat situs komersial juga neh.

  16. thank's bro..
    tp menurut saya ,, dn ini sudah saya buktikan sendiri… saya kenapa ya kok untuk oscomers lebih suka memakai PRESTA .. karena apa,, ya mungkin terlalu sering otak atik untuk coding nya …
    untuk bug nya juga lebih sedikit..
    maaf sebagai bahan aja dn saya implementasikan dari presta ini :

    balineseproduct.com

    maaf bukanya saya bermaksud apa2.. tp hanya ingin berbagi saja..

    semoga membantu semuanya .

    thank's

  17. ocid says:

    @harus, semoga sukses mas… 🙂
    @balinese, setuju Bro..
    Saya pribadi memang lebih suka Presta kalo dibandingkan dengan OsCommerce.
    Cuma kebetulan yang saya bandingkan ini adalah antar CMS yang beda platform. Presta tidak saya masukkan karena saya sudah anggap terwakili oleh Oscommerce.
    btw, makasih ya atas sharing-nya. Jangan bosen-bosen sharing ilmu disini 😉

  18. Sangat membantu mas …
    e-commerce selain buat jualan .. emang bisa di optimasi buat apalagi yha mas ???

  19. ocid says:

    kalau e-commerce buat apalagi ya?
    wah setahu saya e-commerce memang buat dagang mas, kalau selain dagang saya belum tahu…

  20. Kardiman says:

    buat jualan ? wah ilmu tingkat tinggi…belum sampek situ ane…

  21. Zulaikhah says:

    bisa jadi inspirasi nih mas, saya buat dagang ga pake ecommerce, masih manual aja pake wp, selanjutnya mau dipertimbangkan pake wp-commerce,

    ini punyaku mas http://www.grosirkita.com

    makasih ya mas sebelumnya, infonya sangat bermanfaat

  22. ocid says:

    @Kardiman, oalah mas, lha makanya saya masih tarap belajar.. 🙂

    @Zulaikhah, makasih kunjungannya mbak. saya sudah kunjungin blog mbak. menarik sekali. Boleh donk mbak kalau kerjasama 😀

  23. Ade says:

    thank you infonya…siapa tau saya butuh buat goodiebake.com saya 🙂

  24. oksida.com says:

    jadi pengen bikin..
    makasih atas infonya

  25. ane juga bingung mas bro pake e-commerce . . masih awal juga sih . .

  26. sprei murah says:

    wow terima kasih gan , info blog anda bagus dan bermanfaat. salam sukses blogger dan salam kenal juga.
    sprei bed cover
    sprei
    sprei anak
    bed cover murah
    sprei belladona

  27. coralitus says:

    tulisannya kecil amat mas, pusing bacanya…

  28. ocid says:

    @coralitus

    Terima kasih masukannya. Sudah saya gedein lagi tuh 🙂

  29. Rachmatullah says:

    mas, aku mau kasih masukan dikit ya, baiknya tiap paragraf 2-3 kalimat saja biar bacanya lebih ringan..

    tapi aku bikin toko online lebih suka model blog, biar ada interaksi pembeli dan penjual. lagipula saat ini pengetahuan tentang checkout belum banyak yang tau, tetep aja pengunjung yang datang pertama kali mencari nomer hape lalu menghubungi pemilik toko.. ini pendapatku loh hehe…

    salam,
    cream herbal

  30. ocid says:

    @Rachmatullah,
    Makasih ya masukannya. Berharga banget. Saya juga menerima masukan serupa. Insya Allah kedepan saya perbaiki lagi.

    Mengenai model toko-online memang bervariasi banget. Termasuk pendekatannya. Toh tujuan dibikin toko online kan biar terjadi transaksi kan ? 🙂

  31. tascantikqu says:

    Sebelumnya saya suka buat website untuk penjualan online menggunakan joomla(virtuemart) tetapi sepertinya untuk SEO nya kurang ya?? susah untuk mendatangnkan traffic pengunjung. skrng saya lebih suka menggunakan wordpress, karena untuk SEO nya lebih bagus 🙂 kunjung balik ke web saya ya http://www.tascantikqu.com
    makasih infonya

  32. makasi tuk sharing infonya.. klo saya masih di bikinin orang, pengen sih buat web sendiri supaya lebih murah tapi ilmunya lom mampu.. web saya pake worlpress dan penggunaannya pun mudah.. kunjung balik ke web saya ya.. 🙂
    http://www.butiketnikbeatrix.com
    salam

  33. Kalau ane sih udah setia sama WP, kalau pindah lain tambah bingung nanti,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *